Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN ATURAN ASOSIASI PADA DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : SWALAYAN MOUZA KOTA PALU)
Nama: ISNAWATI
Tahun: 2019
Abstrak
Jumlah swalayan yang terus berkembang membuat para pengelola swalayan dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik. Data mining adalah suatu teknik menggali informasi berharga yang terpendam atau tersembunyi. Data yang digunakan adalah data transaksi penjualan, dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersimpan dalam database, pihak manajemen dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai apa saja barang yang sering dibeli. Teknik data mining menggunakan assosiatif rule dengan metode Apriori, Proses pencarian asosiasi menggunakan bantuan algoritma apriori untuk menghasilkan pola kombinasi item dan rules sebagai ilmu pengetahuan dan informasi penting dari data transaksi penjualan. Penelitian ini akan mengidentifikasi beberapa tipe dari aturan asosiasi (association rule) yang berkaitan dengan data transaksi penjualan yaitu nilai-nilai support dan confidence. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk menentukan aturan asosiasi pada data penjualan menggunakan algoritma apriori. Aturan yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan. Kata Kunci – analisa pola belanja, data mining, aturan assosiasi, algoritma apriori.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up