Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI BEHAVIOR TREE DAN LOGIKA FUZZY PADA ENEMY AI DALAM GAME MENGGUNAKAN UNITY3D
Nama: JERRY NGO
Tahun: 2021
Abstrak
Banyak orang yang menyukai game dan ingin membuat game mereka sendiri, namun sedikit dari mereka yang benar-benar tahu teknik membuat sebuah game. Untuk membuat sebuah game dibutuhkan kombinasi antara programming skill, problem solving, dan imajinasi. Pembuat game dapat membuat sendiri dunia yang mereka inginkan beserta aturan-aturan di dalamnya, dan dalam membuat dunia tersebut dibutuhkan musuh yang nampak hidup agar interaksi yang dilakukan berasa lebih baik. Penelitian ini membuat sebuah game menggunakan Game Engine Unity dengan musuh yang dikendalikan oleh Artificial intelligence (AI), AI dalam game ini mengunakan state machine, atau behavior tree dalam pembuatannya. Behavior Tree digunakan untuk mengendalikan alur perintah yang akan dibuat, sehingga lebih teratur dan mudah untuk dimanajemen. Dan diberi randomisasi dengan menggunakan algoritma fuzzy sugeno dengan dua parameter yaitu jarak dan health point agar lebih sulit untuk diprediksi dan membuat gerakannya menjadi lebih beragam. Hasil musuh yang dibuat memiliki perilaku yang dapat berubah-ubah tergantung situasi yang terjadi dan menjadikan musuh dalam game lebih variatif dan membuatnya lebih menarik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up