JudulIMPLEMENTASI ALGORITMA PERLIN NOISE PADA ASSET TERRAIN GENERATOR DALAM VIDEO GAME |
Nama: ELSAM MARURA LAMBE |
Tahun: 2022 |
Abstrak Dalam satu dekade terakhir, Procedural Content Generation (PCG) menjadi solusi bagi developer video game untuk dapat membuat konten yang banyak dalam waktu yang singkat. Penerapannya sukses membuat beberapa video games indie menghadirkan pengalaman bermain yang berbeda antar pemainnya, seperti Minecraft, No Man’s Sky, Starbound, dan lain-lain. Dunia dalam games tersebut dibuat secara prosedural menggunakan algoritma matematika dan tetap terasa nyata. Penjelasan detail mengenai proses penerapannya diperlukan agar dapat membantu developer lain untuk menerapkannya dalam video game yang dibuat. Untuk itu, tujuan dari penelitin ini adalah untuk menjelaskan bagaimana proses pembuatan dunia secara prosedural dalam sebuah video game, spesifiknya mengenai bagaimana algoritma Perlin Noise menghasilkan data height map yang datanya dapat dimasukkan pada terrain untuk menghasilkan dunia yang dibuat secara prosedural secara cepat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah tools Terrain Generator yang dapat dimasukkan ke dalam sebuah project pada Unity Game Engine untuk dapat membantu developer membuat dunia dalam gamenya secara procedural. |