JudulIMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBUATAN SISTEM TATA SURYA PADA SMARTPHONE |
Nama: IRMAYANTI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Augmented Reality (AR) adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang ditampilkan secara realtime. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai sarana pendidikan untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Augmented Reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga siswa pun dapat bermain sambil belajar. Pemanfaatan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran tata surya bertujuan untuk menarik minat belajar siswa serta untuk memberikan pengalaman berbeda dalam menerima materi pembelajaran tata surya. Aplikasi pembelajaran taat surya berbasis augmented reality menampilkan objek 3D susunan tata surya dan penjelasannya. Aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android dengan metode markerless menggunakan algoritma Simultaneous Localization and Mapping (SLAM). Algoritma SLAM merupakan pendekatan di mana mapping dilakukan pada sebuah lingkungan yang tidak dikenali untuk menampilkan objek tata surya. Dari hasil pengujian device, aplikasi dapat berjalan sempurna pada device dengan spesifikasi RAM 1 GB keatas. Parameter jarak, pencahayaan dan sudut kemiringan kamera juga berpengaruh terhadap output animasi objek 3D tata surya. Jarak minimum aplikasi dapat menampilkan animasi objek 3D tata surya dengan sempurna adalah 15cm dengan kriteria pencahayaan sinar matahari (berawan) dan sudut kemiringan kamera 0ยบ. Pengujian juga dilakukan terhadap siswa Sekolah Dasar (SD) untuk menilai keefektifan aplikasi sebagai media pembelajaran. Dari hasil pengujian, 100% siswa merasa senang dan bersemangat belajar tata surya dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi AR ini. Kata Kunci : Augmented Reality, Tata Surya, markerless, Algoritma SLAM. |