Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Usability Sistem Pendataan Pendidikan MTsN 2 Poso Dengan Metode Cognitive Walktrough
Nama: RIZALDI AGIL FATURRAHMAN
Tahun: 2025
Abstrak
Pendidikan adalah salah satu pilar yang penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Kualitas pendidikan dapat dilihat dari seberapa besar kinerja suatu satuan pendidikan. EMIS 4.0 merupakan sistem pendataan dan informasi guru dan tenaga kependidikan yang berbasis teknologi informasi dalam jaringan secara elektronik. Namun dari website tersebut, belum diketahuinya tingkat penggunaan layanan, tingkat kemudahan pengguna EMIS 4.0, kemampuan pengguna dalam menggunakan EMIS 4.0 dan persepsi pengguna terhadap EMIS 4.0. Berdasarkan masalah tersebut dalam penelitian ini dilakukan analisis terkait aspek penerimaan, kemudahan, kemampuan pengguna dan persepsi atau pengalaman pengguna dalam menggunakan EMIS 4.0. Usability merupakan sejauh mana kelayakan suatu sistem berdasarkan efektivitas, efesiensi, satisfaction pada konteks tertentu. Pengujian usability diukur dengan menggunakan skenario tugas yang harus di selesaikan oleh responden. ada tiga poin dalam menganalisis hasil skenario seperti keberhasilan (Completion Rate), jumlah kesalahan (Error), dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan skenario tugas (Time Based Efficiency). Hasilnya menunjukkan tingkat pengerjaan membutuhkan waktu yang lama yaitu mencapai 0,0266 goals/sec dilakukan responden maka daripada itu dibutuhkan perbaikan dibagian server dan tampilan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up