JudulRANCANG BANGUN PENGENDALI KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC 1KW BERDASARKAN PEMBACAAN SENSOR HALL EFFECT PADA PENERAPAN KENDARAAN LISTRIK |
Nama: ADHIKA KURNIAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Perkembangan teknologi pada kendaraan listrik sebagai alat transportasi massal tidak terlepas dari perkembangan mesin penggerak utamanya. Saat ini motor BLDC (Brushless Direct Current) merupakan jenis motor DC (Direct Current) yang banyak digunakan karena memiliki efisiensi tinggi dengan perawatan yang lebih rendah. Hanya saja pengontrolan pada motor BLDC lebih rumit karena menggunakan komutasi elektrik pada kendali kecepatan dan torsinya Pada penelitian ini dirancang sebuah pengendali kecepatan motor BLDC dengan mengatur nilai duty cycle menggunakan pedal gas dan rangkaian kontrol yang terdiri dari mosfet tipe HY4008W sebagai komponen switch pada inverter tiga fasa, driver mosfet yang tersusun dari optocoupler TLP250, dan rangkaian sensor hall effect sebagai feedback yang digunakan pada metode six-step commutation. Menggunakan sumber DC dari aki basah 12V 45ah yang diseri menjadi 24V 45ah. Hasil dari pengujian alat pada penelitian ini dengan range duty cycle yang telah ditentukan mulai 20% sampai 80% tanpa beban pada motor menghasilkan kecepatan terendah yaitu 443 rpm atau 23 Km/Jam dan kecepatan tertinggi sebesar 2679 rpm atau 141 Km/Jam, dengan efisisensi rata-rata sebesar 78,56% |