JudulSTUDI KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN TERHADAP PRESENTASE PEMBEBANAN TRAFO |
Nama: DANY WICAKSONO |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penyeimbangan beban merupakan suatu rutinitas yang dilakukan oleh PLN dalam rangka manajemen sebuah trafo distribusi. Selama ini, penyeimbangan beban dilakukan pada Waktu Beban Puncak (WBP) saja. Sehingga kegiatan penyeimbangan beban pada suatu trafo belum menjamin tercapainya keseimbangan beban di titik Luar Waktu Beban Puncak (LWBP). Tentunya hal ini tidak efektif dan efisien baik dari segi hasil yang diinginkan dan waktu yang digunakan. Maka pada transformator Distribusi PK2-AP-01 Jalan Tanjung Satu diperoleh waktu pengukuran beban puncak tertinggi terjadi antara pukul 11.00 - 12.00 Wita pada Waktu Beban Puncak Siang (WBP Siang) sedangkan pada Waktu Beban Puncak Malam (WBP Malam) beban puncak tertinggi dicapai antara pukul 19.00 Wita - 20.00 Wita. Pada Waktu Beban Puncak Siang persentase pembebanan trafo adalah rata-rata sebesar 67,97 % masih berada di bawah batasan beban maksimum yang diijinkan sedangkan pada Waktu Beban Puncak Malam persentase pembebanan trafo sudah melewati batasan beban maksimum yang diperbolehkan dengan rata-rata beban mencapai 85,49 %, dimana batasan beban maksimum yang diperbolehkan sesuai SPLN adalah sebesar 80 %. Karakteristik pembebanan trafo pada siang hari yaitu ketika persentase ketidakseimbangan beban turun maka persentase pembebanan transformator naik sebaliknya ketika ketidakseimbangan beban transformator mengalami kenaikan maka persentase pembebanan trafo menjadi lebih kecil. Berbeda dengan yang terjadi saat waktu beban puncak malam hari, yang terjadi justru sebaliknya ketika ketidakseimbangan beban turun persentase beban ikut turun dan ketika ketidakseimbangan beban trafo menjadi besar persentase pembebanan ikut membesar. Kata Kunci : Luar Waktu Beban Puncak, Penyeimbangan, Waktu Beban Puncak, Persentase Pembebanan Trafo, SPLN, Karakteristik Pembebanan. |