JudulKAJI TEORITIS DAN EKSPERIMENTAL DEFLEKSI PADA SAMBUNGAN BAJA RINGAN PROFIL C DENGAN VARIASI JUMLAH SEKRUP DAN PANJANG SAMBUNGAN |
Nama: ACHMAD FAUZHAN DWINUGROHO. R |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Achmad Fauzhan Dwinugroho R. Program studi S1 teknik mesin, Kaji Teoritis dan Eksperimental Defleksi Pada Sambungan Baja Ringan Profil C Dengan Variasi Jumlah Sekrup dan Panjang Sambungan. Dibimbing oleh (Mustafa dan Awal Syahrani Sirajuddin) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya defleksi pada baja ringan profil C yang disambung dengan variasi jumlah sekrup dan panjang sambungan baik secara teoritis maupun secara ekperimental. Penelitian ini menggunakan baja ringan profil C 75.35.0,75. Pengujian defleksi menggunakan tumpuan jepit-jepit dan pembebanan terpusat dengan peletakan beban L/2 sebesar 10 kg, 15 kg dan 20 kg. Nilai modulus elastisitas didapatkan dari pengujian tarik mengacu pada mekanika terpakai. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tadulako dan pengujian tarik dilakukan di Laboratorium Uji Bahan dan Pengukuran Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tadulako. Hasil penelitian menunjukkan bahwa defleksi yang terjadi secara teoritis diperoleh nilai defleksi maksimum untuk panjang sambungan 120 mm pada jumlah sekrup 4 sebesar 1,80 mm, 8 sekrup sebesar 1,80 mm, 12 sekrup sebesar 1,80 mm. Sedangkan secara eksperimental pada 4 sekrup diperoleh nilai sebesar 3.71 mm, 8 sekrup sebesar 3,10 mm, 12 sekrup sebesar 2,77 mm. Dan untuk panjang sambungan 240 mm nilai defleksi maksimum secara teoritis pada jumlah sekrup 4 sebesar 1,80 mm, 8 sekrup 1,80 mm, 12 sekrup 1,80 mm. Sedangkan secara ekperimental pada 4 sekrup sebesar 3,25 mm, 8 sekrup 2,97 mm, 12 sekrup 2,66 mm. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan 12 sekrup menghasilkan nilai defleksi terkecil dibandingkan dengan 4 dan 8 sekrup pada panjang penyambung 120 mm dan 240 mm. |