Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSIMULASI CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC) MODEL FAIRING PADA KENDARAAN TRUK STANDAR
Nama: DELFMAN BILL PAUS BUGIS
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Delfman Bill Paus Bugis. Simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic) Model Fairing Pada Kendaraan Truk Standar. Dibimbing oleh Dr. Ir. Abdul Muis, ST., MT Besarnya CD (Coefficient Drag) pada kendaraan truk berpengaruh pada daya yang dihasilkan oleh engine sehingga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Salah satu upaya untuk mengurangi CD (Coefficient Drag) pada kendaraan truk yaitu dengan menambahkan komponen fairing yang terletak di atas kabin kendaraan truk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model fairing yang optimal digunakan pada kendaraan truk standar dengan metode simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic). Dari 6 model fairing yang di simulasikan, masing-masing model memiliki karakteristik aliran yang berbeda- beda dan persentase penurunan CD (Coefficient Drag) yang berbeda. Hasil CD (Coefficient drag) rata-rata dan persentase penurunan CD (Coefficient drag) pada setiap model yaitu truk tanpa fairing sebesar 0,751, truk fairing 1 sebesar 0,669 dengan persentase penurunan 10,84%, truk fairing 2 sebesar 0,721 dengan persentase penurunan 3,91%, truk fairing 3 sebesar 0,640 dengan persentase penurunan 14,73%, truk fairing 4 sebesar 0,692 dengan persentase penurunan 11,76%, truk fairing 5 sebesar 0,690 dengan persentase penurunan 11,79?n truk fairing 6 sebesar 0,733 dengan persentase penurunan 2,31%. Model fairing 3 adalah model fairing yang paling optimal digunakan pada truk standar. Kata Kunci: Truk, Fairing, CD (Coefficient Drag), CFD (Computational Fluid Dynamic)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up