JudulOPTIMALISASI FUNGSI PELAYANAN BERDASARKAN HASIL EVALUASI KESESUAIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PRASARANA DAN SARANA PASAR INPRES MALONDA |
Nama: IFTITAH ARDHIA CAHYANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Iftitah Ardhia Cahyani, (F231 21 018) “Optimalisasi Fungsi Pelayanan Berdasarkan Hasil Evaluasi Kesesuaian Dan Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Prasarana Dan Sarana Pasar Inpres Malonda” di bimbing oleh Supriadi Takwim dan Fitriah Fajar Magfirah. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi pelayanan pasar berdasarkan hasil evaluasi kesesuaian prasarana dan sarana Pasar Inpres Malonda berdasarkan Persyaratan Teknis dalam SNI 8152:2021 tentang Pasar Rakyat serta mengukur tingkat kepuasan pengunjung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pengisian tabel checklist data, observasi, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menilai kesesuaian fasilitas terhadap standar dan Importance Performace Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi prioritas peningkatan berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan, hanya 10 prasarana dan sarana atau seberar 29,31?ri total 34 persyaratan teknis dalam SNI 8152:2021 yang terpenuhi di Pasar Inpres Malonda. Analisis kepuasan pengunjung mengungkapkan beberapa aspek yang kinerjanya dinilai rendah namun dianggap sangat penting. Selain itu, berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index terhadap 10 fasilitas yang dinilai, diperoleh nilai kepuasan pengunjung sebesar 51,6%, yang mengindikasikan bahwa pengunjung merasa cukup puas dengan kondisi prasarana dan sarana yang tersedia. Analisis dengan metode Importance Performace Analysis (IPA) membagi prasarana dan sarana tersedia menjadi 3 kuadran. Kata kunci: Optimalisasi fungsi pelayanan, Pasar Inpres Malonda, Persyaratan Teknis SNI 8152:2021 tentang Pasar Rakyat, Customer Satisfaction Index, Importance Performace Analysis (IPA). |