JudulARAHAN PEMANFAATAN FASILITAS PARKIR PADA RUAS JALAN BASUKI RAHMAT KOTA PALU |
Nama: MOSWAR DAWI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Jalan Basuki Rahmat merupakan kawasan komersial di Kelurahan Birobuli Utara dan Tatura Utara yang mampu menarik banyak pengunjung. Permasalahan yang ada pada Kawasan Sepanjang jalan Basuki Rahmat adalah kurangnya kapasitas ruang parkir yang tersedia dibandingkan dengan jumlah kedatangan pengunjung sehingga para pengunjung yang datang akan memarkir kendaraannya di sebagian badan jalan yang dikenal dengan istilah On Street Parking. Hal ini diperparah lagi karena jalan Basuki Rahmat merupakan jalan Arteri primer yang pergerakan lalu lintasnya tidak boleh terganggu oleh adanya kendaraan yang parkir dan keluar masuk di kawasan tersebut. Pada jam-jam puncak akan mengakibatkan terjadinya kemacacetan atau kecelakaan lalu lintas. Selain itu, permasalahan meningkat saat jam puncak, yaitu kemacetan dibeberapa titik. Sehingga diperlukan rekomendasi Arahan Pemanfaatan parkir pada ruas jalan Basuki Rahmat untuk meminimalisir permasalahan parkir dan mampu mendukung fungsi kawasan sebagai kawasan Perdagangan dan Jasa. Menggunakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Rumusan rekomendasi arahan pemanfaatan parkir berasal dari 3 hasil analisis, yaitu dari analisis kondisi eksisting dengan hasil terdapat ketidaksesuaian ruang parkir pada kondisi eksisting badan jalan dengan ketentuan larangan parkir yang tertuang dalam Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir seperti pada jarak ke persimpangan, jarak ke jalur penyeberangan jalan, dan risiko kemacetan. Indeks parkir menunjukkan kebutuhan ruang parkir mobil lebih besar dari pada kapasitas parkir yang ada, sehingga rekomendasi Arahan Pemanfaatan mengarah pada penyesuaian dengan pedoman parkir dan petak parkir disesuaikan dengan penghitungan kapasitas parkir. Selanjutnya yaitu hasil penghitungan kebutuhan parkir yaitu 8.563,5 m2 yang menjadi dasar dalam menentukan lokasi parkir alternatif. Tujuan penelitian ini yaitu memanfaatakan lahan kosong yang ada di segmen 1,3 dan 4 sebagai fasilitas parkir agar dapat menampung kebutuhan kendaraan pada masing-masing segmen. |