JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN PASAR RAKYAT PASOKAN DI DESA PASOKAN KECAMATAN WALEA BESAR KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: FITRIA MAFTU URIP |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sebagai pusat kegiatan ekonomi masyarakat, pasar dapat diartikan sebagai tempat terjadinya proses jual-beli antara konsumen dengan produsen. Pasar juga merupakan sarana untuk saling berinteraksi antar warga masyarakat sebagai pusat informasi. Melalui interaksi yang terjadi dipasar antara konsumen dan produsen, maka terjadilah proses tawar-menawar antara konsumen dan produsen, untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan Strategi Pengembangan Pasar Rakyat di Desa Pasokan, Kecamatan Walea Besar Kabupaten Tojo Una-una. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teknik keabsahan data yaitu dengan cara triangulasi data. dan dapat menganalisis data dengan menggunakan metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification) dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian Pasar Rakyat Pasokan di Kecamatan Walea Besar, Kabupaten Tojo Una-Una memainkan peran penting dalam perekonomian lokal. Pasar ini merupakan pusat perdagangan kebutuhan sehari-hari dan memiliki potensi besar dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Pasar Rakyat Pasokan dikenal sebagai tempat penjualan berbagai produk, terutama rempah-rempah dan sayuran, serta makanan dan minuman khas daerah yang menarik konsumen dari dalam dan luar daerah. Strategi pengembangan Pasar Rakyat Pasokan yaitu dapat memanfaatkan kekuatan utama Pasar Rakyat Pasokan yang terletak pada Keragaman Produk yang berada di Pasar Rakyat Pasokan seperti produk pertanian yang berasal dari produk lokal, makanan dan minuman khas daerah seperti kue tradisional, Harga produk yang di jual terjangkau, Lokasi pasar yang strategis, dekat dengan pemukiman penduduk sehingga mudah diakses, dan Produk-produk di pasar bervariasi, dan kebutuhan-kebutuhan pokok tersedia. Kata kunci: pasar, pasar mingguan, kegiatan ekonomi, infrastruktur pasar |