JudulANALISIS KINERJA RUAS JALAN DI KOTA PALU (Studi Kasus : Ruas Jalan Poros Toli-Toli–Palu STA 1+500 – STA 3+300) |
Nama: NURMISBAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nurmisbah, (F231 18 017) “Analisis Kinerja Ruas Jalan Di Kota Palu (Studi Kasus : Ruas Jalan Poros Toli-Toli–Palu STA 1+500 – STA 3+300) Di Bimbing Oleh (I). Ardiansyah Winarta, (II). Supriadi Takwim. Arah pergerakan lalu lintas di Ruas Jalan Toli-Toli-Palu terbagi menjadi dua arah yaitu lalu lintas ke Toli-Toli (Utara) dan lalu lintas ke Palu (Selatan). Sebelum adanya Flyover Pantoloan, aktivitas ini terutama kendaraan berat khususnya Truck Colt Diesel Double dan Container, yang keluar masuk dari Kawasan Ekonomi Khusus Palu, Depo Peti Kemas dan Pelabuhan Pantoloan yang melintas di Ruas Jalan Poros Toli-Toli–Palu STA 1+500 – STA 3+300 di Kota Palu sering saling bersinggungan atau adanya antrian sehingga pergerakan lalu lintas perlahan menjadi lambat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kinerja Ruas Jalan Poros Toli-Toli–Palu STA 1+500 – STA 3+300 di Kota Palu diukur dari arus lalu lintas, hambatan samping, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan atau Level of Service (LOS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Data dikumpulkan melalui Observasi dan Dokumentasi. Analisis penelitian ini didasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) dengan indikator terdiri dari arus lalu lintas (Q), hambatan samping, kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), dan tingkat pelayanan (LOS). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Ruas Jalan Poros Toli-Toli–Palu STA 1+500 – STA 3+300 di Kota Palu memiliki arus lalu lintas (Smp/jam) di hari kerja pada jam puncak pukul 07.00-08.00 yaitu 665,15 Smp/Jam, 12.00-13.00 yaitu 1.171,65 Smp/Jam, 17.00-18.00 yaitu 744,75 Smp/Jam dan 18.00-19.00 yaitu 633,8 Smp/Jam. Arus lalu lintas (Smp/jam) di hari libur pada jam puncak 07.00-08.00 yaitu 665,15 Smp/Jam, 12.00-13.00 yaitu 1.171,65 Smp/Jam, 17.00-18.00 yaitu 744,75 Smp/Jam dan 18.00-19.00 yaitu 633,8 Smp/Jam. Nilai hambatan Samping di hari kerja pada jam puncak pukul 07.00-08.00 yaitu 70,6. Pada pukul 12.00-13.00 yaitu 66,7. Pada pukul 17.00-18.00 yaitu 45,4 dan pada pukul 18.00-19.00 yaitu 47,8. Nilai hambatan Samping di hari libur pada jam puncak pukul 07.00-08.00 yaitu 75,3. Pada pukul 14.00-15.00 yaitu 70,5. Pada pukul 17.00-18.00 yaitu 27,5 dan pada pukul 18.00-19.00 yaitu 48,9. Kapasitas yaitu 518,94 Smp/Jam. Derajat kejenuhan di hari kerja pada jam puncak pukul 07.00-08.00 yaitu 0,26. Pada pukul 12.00-13.00 yaitu 0,47. Pada pukul 17.00-18.00 yaitu 0.30 dan pada pukul 18.00-19.00 yaitu 0,25. Derajat kejenuhan di hari pada jam puncak pukul 07.00-08.00 yaitu 0,29. Pada pukul 14.00-15.00 yaitu 0,27. Pada pukul 17.00-18.00 yaitu 0.30 dan pada pukul 18.00-19.00 yaitu 0,28. Tingkat pelayanan di hari kerja maupun hari libur pada jam puncak, rata rata memiliki nilai Level of Service (LOS) A. Kesimpulan dari hasil akhir dari penelitian ini Ruas Jalan Poros Toli-Toli–Palu STA 1+500 – STA 3+300 di Kota Palu pada hari kerja maupun di hari libur masih dapat melayani lalu lintas terutama pada jam-jam puncak lalu lintas dan Peran transportasi dalam pengembangan wilayah berkembang sangat pesat karena sarana transportasi yang memadai serta di dukung adanya Flyover Pantoloan. Kata Kunci: Kinerja Ruas Jalan, Arus Lalu Lintas, Hambatan Samping, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan Jalan. |