Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERSEPSI KENYAMANAN PENGGUNA PEDESTRIAN PADA KAWASAN PERKANTORAN DI KELURAHAN TANAMODINDI KOTA PALU
Nama: RESQY FEBYANTY
Tahun: 2023
Abstrak
Resqy Febyanty (F 231 17 032) dengan judul skripsi “Persepsi Kenyamanan Pengguna Pedestrian Pada Kawasan Perkantoran di Kelurahan Tanamodindi Kota Palu”. Dibimbing oleh Ibu Rezki Awalia. Pedestrian pada Kelurahan Tanamodindi tepatnya di sebagian jalan Baruga, jalan Balai Kota, jalan Balai Kota Timur, jalan Balai Kota Utara dan jalan Prof Moh Yamin merupakan salah satu jalan yang banyak masyarakat lalui, karena terdapat ruang terbuka public Seperti lapangan Vatulemo, sarana pelayanan umum seperti kawasan perkantoran, sarana pendidikan dan sarana perdagangan dan jasa. Pedestrian pada kawasan perkantoran tanamodindi mempunyai potensi dan daya tarik tersendiri. Jalur pedestrian yang baik, nyaman dan aman sangat dibutuhkan bagi pengguna terutama pejalan kaki dalam melakukan aktivitasnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi kenyamanan pengguna pedestrian pada kawasan perkantoran Kelurahan Tanamodindi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Distribusi Frekuensi dan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini Bersarkan Analisis Regresi Berganda didapatkan hasil yaitu (1) Nilai koefisien sebesar 2.424 dimana dimaksud bahwa jika fasilitas, lingkungan dan akses jalur pedestrian bagi di fabel bernilai positif dan mengalami perubahan terhadap kenyamanan pengguna jalan. (2) Nilai koefisien regresi sebesar -0,086 bernilai negatif dimana dimaksud bahwa jika fasilitas (X1) tidak terjadi kenaikan atau peningkatan terhadap kenyamanan pengguna jalan (Y). (3) Nilai koefisien regresi sebesar 0,383 bernilai positif dimana dimaksud bahwa jika lingkungan (X2) terjadi kenaikan atau peningkatan 1 tingkatan, maka akan diikuti dengan kenaikan atau peningkatan terhadap kenyamanan pengguna jalan (Y) sebesar 0,383 atau 38,3%. (4) Nilai koefisien regresi sebesar 0,205 bernilai positif dimana dimaksud bahwa jika akses jalur pedestrian bagi difabel (X3) terjadi kenaikan atau peningkatan 1 tingkatan, maka akan diikuti dengan kenaikan atau peningkatan terhadap kenyamanan pengguna jalan (Y) sebesar 0,205 atau 2,05%. (5) Berdssarkan nilai uji koefisien determinasi sebesar 0,410 atau 41%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel fasilitas, lingkungan, akses jalur pedestrian bagi difabel memiliki hubungan sebesar 41% terhadap kenyamanan penggunaan jalan yang terjadi pada Jalan Balai Kota Palu, sedangkan sisanya sebesar 59% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Persepsi, Kenyamanan, Pedestrian.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up