JudulPENGARUH JEMBATAN LALOVE TERHADAP KONDISI EKONOMI, LINGKUNGAN, DAN SOSIAL MASYARAKAT DI KELURAHAN NUNU, KECAMATAN TATANGA |
Nama: MUH FAKHRUDDIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Muh Fakhruddin (F231 16 095) dengan judul skripsi “Pengaruh Jembatan Lalove Terhadap Kondisi Ekonomi, Lingkungan, Dan Sosial Masyarakat Di Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga”. Dibimbing oleh Ibu Rezki Awalia. Ada beberapa isu yang timbul setelah pembangunan Jembatan Lalove diantaranya terkait keamanan, kenaikan harga lahan, kebisingan dan lingkungan. Oleh karena isu-isu terjadi maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menilai apakah Jembatan Lalove itu dapat dikatakan berpengaruh dilihat berdasarkan operasionalitasnya. Maka dari itu peneliti akan melakukan beberapa metode penilaian untuk mengetahui nilai pengaruh keberadaan berdasarkan kriteria. Berdasarkan latar belakang yang telah dibahas di atas maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keberadaan Jembatan Lalove terhadap kondisi ekonomi, lingkungan, sosial masayarakat Kelurahan yang berada di sekitar Jembatan Lalove. Metode pendekatan dalam penyusunan tugas akhir “Pengaruh Jembatan Lalove Terhadap Kondisi Ekonomi, Lingkungan, Dan Sosial Masyarakat Di Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga”. Metode penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui (Moh. Kasiram, 2008). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda di dapatkan persamaan sebagai berikut: Y = 3,560 + 0,232 X1 + 0,141 X2 + 0,011 X3 +e. Secara keseluruhan hasil analisis regresi linear berganda yang di peroleh dari nilai uji koefisien determinasi sebesar 0,189 atau 19%. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa variabel ekonomi, lingkungan, sosial memiliki hubungan sebesar 19% terhadap kondisi masyarakat kelurahan Nunu, sedangkan sisanya sebesar 81% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Ekonomi, Lingkungan dan Sosial. |