JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN WERA SALUOPA DESA WERA KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA KABUPATEN POSO |
Nama: FINNY OKTAFIANIE SIGAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN WERA SALUOPA DESA WERA KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA KABUPATEN POSO Oleh Finny Oktafianie Sigar1, Jusnan Kello2 Kabupaten Poso merupakan salah satu kabupaten yang berada dalam lingkup pemerintahan dan Provinsi Sulawesi Tengah. Dimana potensi pariwisata pada Kabupaten Poso terdiri atas wisata bahari yang berada di bawah laut maupun di atas laut, wisata sejarah, wisata budaya, dan agrowisata yang dapat dikembangkan sebagai o byek wisata rekreasiAir Terjun Saluopa merupakan salah satu air terjun terbaik yang ada di Indonesia. Selain itu, di sekitar lokasi obyek wisata akan ditemukan beraneka ragam fauna, juga menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan udara yang segar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menyusun strategi pengembangan obyek wisata Air Terjun Saluopa. Untuk Mengidentifikasi potensi dan permasalahan pengembangan obyek wisata dan Merumuskan strategi pengembangan obyek wisata Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penggambilan sampel secara sengaja (sadar) dengan infoman kunci yang dianggap penting. Pengelolaan data menggunakan aplikasi perangkat lunak software Arc 10.2 dengan metode Overlay. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis SWOT menggunakan matriks IFAS dan EFAS Hasil penelitian menggunakan IFAS dan EFAS menunjukan. Skor rata-rata dari matrik IFAS adalah 3,279 dengan kekuatan tertinggi adalah potensi alam air Terjun Wera Saluopa dan EFAS adalah 2,566 dengan faktor ancaman tertinggi yaitu terjadinya pencemaran lingkungan di obyek wisata Air Terjun Saluopa.Sehingga dapat diketahui nilai Internal-Eksternal (IE) berada pada sel V, yang merupakan strategi terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah menjaga dan mempertahankan posisi pariwisata yang ada, kebijakan yang umum dari strategi ini adalah dengan melakukan pengembangani pasar melalui event yang dilakukan setiap tahun dan mengembangkan produknya yang potensial. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Faktor Ekstenal, Faktor Internal, Air Terjun Saluopa |