JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ALAM DANAU POSO DI SIURI KECAMATAN PAMONA BARAT KABUPATEN POSO |
Nama: ADI LUKMAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak “Strategi Pengembangan Wisata Alam Danau Poso di Siuri Kecamatan Pamaona Barat Kabupaten Poso” Kabupaten Poso merupakan salah satu kabupaten yang berada dalam lingkup pemerintahan dan Provinsi Sulawesi Tengah. Dimana potensi pariwisata pada Kabupaten Poso terdiri atas wisata bahari yang berada di bawah laut maupun di atas laut, wisata sejarah, wisata budaya, dan agrowisata yang dapat dikembangkan sebagai obyek. Wisata Alam Danau poso yang ada di siuri merupakan salah satu wisata Danau terbaik yang ada di Indonesia. Selain itu,di sekitar lokasi obyek wisata akan ditemukan beraneka ragam fauna, juga menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan udara yang segar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menyusun strategi pengembangan obyek Wisata Alam Danau Poso di Siuri. Untuk Mengidentifikasi potensi dan permasalahan pengembangan obyek wisata dan Merumuskan strategi pengembangan obyek wisata Pada penelitian Jenis kualitatif. Dengan analisis SWOT akan dapat mengasilkan adanya beberapa alternatef strategi dalam pengambilan kepurusan yang baik sehingga dapat menentukan strategi pengembangan Sarana Dan Prasarana wisata Alam Danau Poso di Siuri Kecamatan Pamaona Barat Kabupaten Berdasarkan Hasil penelitian menggunakan IFAS dan EFAS menunjukan. Skor rata-rata dari matrik IFAS adalah 3,332 dengan kekuatan tertinggi adalah potensi alam Danau Poso dan EFAS adalah 2,994 Sehingga dapat di ketahui srategi terbaik yang di gunakan dalam pengembangan Wisata Alam Danau Poso di Siuri adalah strategi W-O yang meminimalkan kelemahan dengan memanfaatkan peluang yang ada kebijakan dari strategi ini yaitu dengan meningkatakan sumberdaya manusia dalam pengelolahan kawasan wisata dan menyediaka sarana dan prasarana yang memadai untuk kebutuhan wisatawan yang melakukan kwgiatan wisata dengan tetap menjaga keasrian Wisata Alam Danau Poso di Siuri Serta memanfaatkan social media sebagai salah satu alat promosi. Kata kunci : Strategi Pengembangan , Sarana dan Prasaeana Wisata Alam Danau Poso |