JudulPALU CREATIVE HUB DENGAN PENDEKATAN PLACEMAKING |
Nama: ADILLA LUTFIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Adilla Lutfia (Stb: F221 21 002) Palu Creative Hub Dengan Pendekatan Placemaking (dibimbing oleh Rachmat Saleh dan Moh. Rachmat Syahrullah). Kota Palu tengah berada dalam fase pembangunan pascabencana, dengan ekonomi kreatif menjadi sektor strategis untuk memperkuat identitas dan daya saing kota. Namun, tantangan utama yang dihadapi pelaku industri kreatif di Kota Palu adalah keterbatasan ruang untuk berkreasi, berkolaborasi, dan memamerkan karya. Berdasarkan hal tersebut, tugas akhir ini merancang Palu Creative Hub sebagai ruang kreatif yang adaptif dengan pendekatan placemaking, yang menekankan peran aktif masyarakat dalam menciptakan ruang publik yang bermakna secara sosial dan kultural. Metode yang digunakan adalah pendekatan traditional problem-solving, dengan mengidentifikasi isu, menganalisis kebutuhan pelaku industri kreatif lokal, dan mengembangkan solusi desain berdasarkan prinsip placemaking dari Project for Public Spaces (PPS). Desain dikembangkan di atas tapak bersejarah di Jalan Gatot Subroto, yang mencakup Gedung Juang dengan mempertimbangkan potensi tapak, konteks sosial-budaya, dan aspek iklim Kota Palu. Hasil perancangan menunjukkan bahwa dengan menciptakan ruang terbuka interaktif, area produksi kreatif, ruang pameran, serta fasilitas komunitas lainnya, Palu Creative Hub dapat menjadi pusat inovasi yang memperkuat jejaring pelaku kreatif dan identitas lokal kota. Pendekatan placemaking mendorong keterlibatan masyarakat, meningkatkan vitalitas ruang kota, serta mendukung pertumbuhan industri kreatif secara berkelanjutan di Kota Palu. Kata Kunci: Creative Hub, placemaking, industri kreatif, ruang kolaboratif, Kota Palu |