| JudulWahana Bermain Indoor Di Kota Palu |
| Nama: ILONA YUSUF |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Ilona Yusuf (Stb. F221 18 158) Wahana Bermain Indoor di Kota Palu (dibimbing oleh Rachmat Saleh, ST., MT. dan Sutrati Melissa Malik, ST., MT.) Bermain adalah hak setiap anak. Bermain merupakan lahan anak-anak dalam mengekspresikan segala bentuk tingkah laku yang menyenangkan. Namun, di Kota Palu, fasilitas hiburan dan wahana bermain anak masih sangat terbatas serta belum terintegrasi dengan unsur pendidikan yang mendukung tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pusat wahana bermain di Kota Palu yang dirancang secara khusus sebagai sarana hiburan sekaligus edukasi, dengan menghadirkan lingkungan bermain yang nyaman, aman, menyenangkan, dan mampu mengakomodasi berbagai jenis permainan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi solusi terhadap kebutuhan akan ruang bermain yang layak dan mendidik bagi anak-anak, serta sebagai alternatif hiburan yang sehat bagi masyarakat secara umum. Metode perancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Perancangan Arsitektur. Metode ini menggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur yang diterjemahkan dalam analisis konsep makro dan mikro. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang konsep dan teori yang dapat dijadikan landasan dalam melakukan penelitian yang sesuai dengan desain perancangan. Hasil dari penelitian ini adalah desain Wahana Bermain Indoor di Kota Palu yang bisa di kunjungi sebagai tempat hiburan yang berfungsi sebagai sarana atau alat yang spesifik dan sengaja diciptakan untuk memberikan rasa senang dan kepuasan emosi bagi manusia yang bisa dinikmati oleh individu atau kelompok. Wahana bermain ini juga memberikan edukasi kepada anak melalui fasilitas bermain yang disediakan. Kata Kunci : Wahana Bermain Anak, Kota Palu, Ruang Bermain Edukatif, Desain Arsitektur, Perkembangan Anak, Hiburan Edukatif, Metode Perancangan Arsitektur, Fasilitas Anak Indoor |