JudulDESAIN FASILITAS E-SPORT CENTER DI KOTA PALU |
Nama: AGUNG |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perkembangan industri e-sport di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, baik dari sisi partisipasi maupun perhatian publik. Kota Palu, sebagai salah satu pusat pertumbuhan wilayah di Sulawesi, memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor ini melalui penyediaan fasilitas yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah fasilitas E-Sport Center yang tidak hanya memenuhi kebutuhan teknis para gamer profesional dan komunitas lokal, tetapi juga menciptakan ruang inklusif yang memadukan unsur edukasi, hiburan, dan interaksi social. Pendirian Esport Center juga sejalan dengan misi pemerintah dalam memajukan sektor digital dan kreatif, serta memberikan wadah bagi generasi muda untuk mengekspresikan diri dan mengejar karir di bidang yang semakin diminati ini. Dengan demikian, Esport Center di Sulawesi Tengah tidak hanya akan menjadi tempat berkompetisi, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan keterampilan, penciptaan lapangan kerja, dan mengurangi angka pengangguran di kalangan pemuda. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan mengadakan pengumpulan data, melalui observasi lapangan,wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Kemudian diolah lagi berdasarkan data-data dan menganalisis.interpretasi dari hasil analisis berupa Desain Fasilitas E-Sport Center Dikota Pallu. Kata Kunci: E-sport, desain fasilitas, Palu, pusat komunitas. |