Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulREDESAIN SLBN 1 PALU DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU
Nama: NURUL RAHMADANI ANWAR
Tahun: 2025
Abstrak
Pendidikan merupakan hak dasar setiap individu, termasuk anak-anak penyandang disabilitas yang memerlukan fasilitas khusus dalam proses belajar. SLBN 1 Palu sebagai lembaga pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus masih memiliki banyak kekurangan dalam aspek desain, aksesibilitas, serta fasilitas yang tidak sesuai standar. Penelitian ini bertujuan untuk meredesain SLBN 1 Palu dengan pendekatan arsitektur perilaku, guna menciptakan lingkungan belajar yang responsif terhadap perilaku dan kebutuhan siswa disabilitas, khususnya tuna netra dan tuna daksa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara fasilitas eksisting dengan standar ruang gerak, aksesibilitas, dan keamanan pengguna disabilitas. Konsep perancangan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan ruang yang adaptif terhadap aktivitas pengguna serta penerapan elemen-elemen desain seperti ramp, jalur pemandu, toilet khusus, dan pencahayaan alami. Redesain ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi pengembangan sekolah luar biasa di masa depan yang lebih inklusif dan manusiawi. Kata Kunci: Redesain, SLBN 1 Palu, Arsitektur Perilaku, Disabilitas, Sekolah Luar Biasa, Aksesibilitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up