Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANCANGAN GEDUNG REHABILITASI NARKOLEMA (GAME ONLINE) BAGI ANAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOFILIK DI KOTA PALU
Nama: USWATUN HASANAH
Tahun: 2025
Abstrak
Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah cara manusia mencapai kesenangan, salah satunya melalui game online. Game online, yang dimainkan melalui berbagai perangkat seperti komputer, ponsel, dan konsol, telah menjadi aktivitas hiburan yang populer. Namun, peningkatan jumlah pemain game online di Indonesia juga membawa dampak negatif, termasuk kecanduan yang dikenal sebagai "Narkolema" (Narkoba Lewat Mata). WHO bahkan telah mengakui adiksi game online sebagai gangguan mental yang serius. Kecanduan game online pada anak dapat mengakibatkan berbagai masalah, baik secara sosial, psikologis, maupun ekonomi. Anak-anak yang kecanduan sering mengabaikan interaksi sosial, kesehatan, dan kewajiban sehari-hari. Di Kota Palu, fasilitas rehabilitasi yang ada belum memadai untuk menangani kecanduan game online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang gedung rehabilitasi khusus bagi anak yang kecanduan game online dengan pendekatan arsitektur biofilik. Pendekatan arsitektur biofilik dipilih karena dapat menciptakan lingkungan yang mendukung proses rehabilitasi dengan mengintegrasikan elemen alam ke dalam desain bangunan. Ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental anak-anak yang menjalani rehabilitasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan arsitektur biofilik dalam desain gedung rehabilitasi dapat memberikan kontribusi positif dalam proses pemulihan anak-anak yang kecanduan game online di Kota Palu. Kata Kunci : Perancangan, Gedung Rehabilitasi, Narkolema, Game Online, Anak, Arsitektur Biofilik, Kota Palu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up