JudulSekolah Terpadu Di Kota Palu Dengan Pendekatan Green Arsitektur |
Nama: ANDI AYKHA PUTRI SALSABILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pendidikan merupakan elemen kunci dalam pembangunan sebuah negara, dan kualitas sistem pendidikan sangat mempengaruhi daya saing global suatu bangsa. Namun, tantangan dalam sistem pendidikan Indonesia terungkap melalui penilaian PISA tahun 2018 yang menunjukkan peringkat yang rendah. Sekolah, sebagai institusi utama dalam pendidikan, memiliki peran vital dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Di Kota Palu, pertumbuhan penduduk yang pesat menimbulkan kebutuhan akan pendidikan yang berkualitas, namun jumlah sekolah yang memadai belum sebanding. Oleh karena itu, pendirian sekolah terpadu menjadi solusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sekolah terpadu mengintegrasikan berbagai aspek pendidikan, dari pra-sekolah hingga perguruan tinggi, dengan tujuan meningkatkan minat belajar dan kualitas sumber daya manusia. Namun, untuk memastikan proses pembelajaran yang efektif, perlu dirancang ruang lingkup belajar yang optimal. Penerapan prinsip-prinsip green arsitektur pada desain dan lingkungan sekolah terpadu diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan nyaman, meningkatkan konsentrasi siswa, dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian arsitektur berdasarkan analisis konsep makro dan mikro, data dikumpulkan dengan memakai teknik interview dan dokumentasi serta melalui studi literatur terkait. Berdasarkan hasil penelitian ini, sekolah terpadu di kota palu akan menerapkan lima kriteria dari penilaian greenship dimana merupakan standar acuan untuk penilaian green building. Yaitu tepat guna lahan, konservasi air, sumber dan siklus material, efisiensi energi dan konservasi, dan kesehatan dan kenyamanan dalam ruang. Serta transformasi bentuk bangunan akan menerapkan arsitektur modern. |