JudulPUSAT KEBUGARAN DI KOTA PALU |
Nama: NIAS ALIFIA ANUGRAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nias Alifia Anugrah ( F 221 12 025 ) “Pusat Kebugaran Di Kota Palu”. Program Studi S1 Arsitektur, Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik. Universitas Tadulako. (Dibimbing Oleh Fuad Zubaidi dan Luthfiah) Olahraga menempati sisi yang penting dalam kehidupan sehari hari, terlihat dengan meningkatnya minat masyarakat akan olahraga, diikuti dengan semakin banyaknya masyarakat yang bergabung di tempat kebugaran. Perencanaan dan perancangan Pusat Kebugaran Di Kota Palu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan fasilitas olahraga maupun fasilitas penunjang lainnya agar masyarakat di kota Palu dapat meningkatkan kreatifitas dan berkreasi dalam berolahraga. Studi ini bertujuan untuk menyusun sebuah konsep desain arsitektur yang mampu mewadahi segala kegiatan Pusat Kebugaran. Gagasan perencanaan dan perancangan Pusat Kebugaran yang memperhatikan perilaku manusia dan lingkungannya, diharapkan dapat mewujudkan sebuah pusat kebugaran yang dapat mewadahi kegiatan olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. “Arsitektur Perilaku” merupakan pilihan tema yang memperhatikan interaksi manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya berdasarkan pola perilaku manusia ketika beraktifitas dilingkungannya, sehingga tidak terjadi suatu pola perilaku menyimpang dalam kasus ini adalah Di Pusat Kebugaran. Metode penelitian yang dilakukan ialah penelitian metode deskriptif kualitatif, pada tahap ini menghasilkan data berupa gambaran situasi mengenai objek yang diamati peneliti, lalu didukung pula dengan pengamatan menggunakan metode Pemetaan Perilaku (Behavior Mapping) digunakan untuk mengetahui bagaimana manusia atau sekelompok manusia memanfaatkan, menggunakan dan mengakomodasikan perilakunya dalam suatu waktu di tempat tertentu, menekankan pada pergerakan manusia pada suatu periode waktu tertentu. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa perencanaan dan perancangan Pusat kebugaran Di Kota Palu perlu memperhatikan aktivitas serta perilaku manusia sehingga dapat terwujud suatu fungsi Pusat Kebugaran yang secara fungsi dapat memberikan kenyamanan fisik maupun kenyamanan psikis. Kata Kunci : Pusat Kebugaran, Arsitektur Perilaku, Behaviour Mapping. |