JudulDesain Wahana Bermain Anak Di Kota Palu |
Nama: MUHAMMAD HAFID NUR |
Tahun: 2019 |
Abstrak Bermain dan Belajar merupakan proses dinamis yang sesungguhnya menunjang proses belajar anak. Keberadaan orang tua dalam proses bermain dan belajar anak sebatas mengarahkan anak sesuai dengan kebutuhannya. Bermain dan belajar merupakan hak dasar setiap anak yang harus dipenuhi untuk mendukung tumbuh perkembangannya. Untuk memenuhi hak dasar tersebut, diperlukan suatu arena belajar dengan alat peraga yang mampu mengoptimalkan kemampuan dasar mereka untuk berkembang. Tujuan dari studi ini ialah untuk menyusun konsep perancangan serta menciptakan Desain Wahana Bermain Anak yang bersifat motoric, kognitif dan afektif. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik mengumpulkan data yaitu dengan cara pengisian kuisioner terhadap responden (anak & orang tua). Jenis data dalam penelitian adalah dengan mengumpulkan data melalui observasi dan studi literatur, kemudian mengelompokkan data-data berdasarkan kebiasaan pengguna, aktivitas pengguna. Hasil dari studi ini merekomendasikan sebuah Desain Wahana Bermain Anak di Kota Palu, direncanakan menyediakan sarana kegiatan diluar sekolah bersifat motoric, kognitif dan afektif. Jenis sarana yang dirancang dalam Desain Wahana Bermain Anak ini meliputi; Fasilitas Utama, yakni zona motoric :Taman air menari, Area Lalu Lintas, Gerabah, warna dan pahat, zona kognitif: gedung kotak dan gedung Teknologi dan zona efektif: Paud dan gedung smart. Sedangkan fasilitas penunjang terbagi atas penunjang meliputi; Area Parkir, Klinik, Musholla dan Pos jaga |