JudulRedesain Tebal Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan MDPJ 2024 (Studi Kasus : Jalan Poros Palu-Bangga) |
Nama: DWI WAHYU NUGROHO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini membahas redesain tebal perkerasan lentur pada Jalan Poros Palu Bangga dengan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) 2024. Jalan Poros Palu Hangga merupakan salah satu jalur utama di Kota Palu dengan volume lalu lintas tinggi sehingga memerlukan perkerasan yang mendukung umur rencana jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa panjang ruas Jalan Poros Palu Bangga adalah 500 m dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebesar 18.210 kendaraan per hari dan nilai CHR tanah dasar rata-rata sebesar 6,4%. Ketebalan perkerasan lentur yang direkomendasikan meliputi lapisan AC-WC sebesar 40 mm, AC-BC sebesar 145 mm, pondasi agregat kelas A sebesar 200 mm, dan pondasi agregat kelas B sebesar 150 mm, dengan rencana umur 20 tahun. Hasil redesain menunjukkan bahwa ketebalan struktur perkerasan baru lebih optimal dibandingkan kondisi eksisting, dengan komposisi lapisan yang mampu menahan beban lalu lintas sesuai umur rencana. Evaluasi ketebalan perkerasan yang ada menunjukkan beban kumulatif CESA sebesar 2,40 x 10? untuk umur rencana 20 tahun, yang memenuhi spesifikasi. |