JudulRedesain Tebal Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan MDPJ 2024 (Studi Kasus : Jalan Bulu Masomba Kota Palu) |
Nama: RIZA HIDAYAT SAPUTRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Jalan memiliki peran penting sebagai infrastruktur transportasi darat yang memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat. Fungsinya adalah untuk mendukung berbagai aktivitas dan menghubungkan lokasi-lokasi yang sering dilalui, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketebalan perkerasan lentur pada jalan bulu masomba di Kota Palu menggunakan metode desain perkerasan jalan 2024 . Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer yaitu LHR (Lalu Lintas Harian Raya-Rata), CBR (California Bearing Ratio) dan data sekunder dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu. Hasil analisis menunjukkan bahwa panjang ruas jalan Bulu Masomba adalah 1+308 m, dengan ketebalan struktur perkerasan jalan sebesar 53 cm serta lalu lintas harian rata-rata sebesar 26.465 kendaraan per hari dengan nilai CBR tanah dasar rata-rata sebesar 6,1%. ketebalan perkerasan lentur direkomendasikan meliputi lapisan AC-WC sebesar 40 mm, AC-BC sebesar 145 mm , pondasi agregat kelas A sebesar 200 mm, dan pondasi agregat kelas B sebesar 150 mm, dengan rencana umur 20 tahun. Hasil redesain menunjukkan bahwa ketebalan struktur perkerasan baru lebih optimal dibandingkan kondisi eksisting, dengan komposisi lapisan yang mampu menahan beban lalu lintas sesuai umur rencana. Evaluasi ketebalan perkerasan yang ada menunjukkan beban kumulatif CESA sebesar 3,68 x 10 pangkat 10 untuk umur rencana 20 tahun, yang memenuhi spesifikasi. |