Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEVALUASI PELAYANAN AIR BERSIH PERUMDAM DI PERUMAHANBUKIT TADULAKO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Nama: AUDISA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK PERUMDAM adalah salah dalam satu unit usaha milik kota Palu, yang bergerak distribusi air bersih bagi masyarakat umum, yang sangat mengutamakan kualitas pelayanan air minum. Pengelolaan pelayanan air bersih untuk kebutuhan masyarakat Perumahan Bukit Tadulako dilaksanakan oleh PERUMDAM Avo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan sistem distribusi air bersih serta mengidentifikasi kualitas pelayanan air bersih yang diberikan oleh PERUMDAM di Perumahan Bukit Tadulako Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling dengan sampel penelitian 52 responden yang terdiri atas 49 rumah (status aktif), 2 rumah (status nonaktif) dan 1 rumah (status segel) yang dikaji dengan program SPSS 25. Penelitian ini mengkaji kualitas air di Perumahan Bukit Tadulako sebagai air bersih dengan uji fisika dan kimia, yang diujikan pada penelitian ini yaitu pada parameter fisika Bau, Warna dan Kekeruhan, sedangkan pada parameter kimia diantaranya meliputi pH, Besi (Fe), dan Mangan (Mn) yang terlarut dalam air. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketersediaan air bersih dari PERUMDAM belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan konsumen di wilayah tersebut, dengan indikasi adanya masalah kebutuhan air bersih yang diterima konsumen memiliki jadwal setiap harinya, sehingga konsumen harus menampung air untuk kebutuhan sehari-hari. Debit air yang dialirkan PERUMDAM sebanyak 10 liter/detik serta kualitas airnya sudah memenuhi standar baku mutu berdasarkan Permenkes No 2 Tahun 2023. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik beberapa Kesimpulan yaitu variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan air bersih adalah variabel kuantitas air yaitu 51,9%, variabel kualitas air dan kepuasan pelanggan yang dimana menunjukan pengaruh positif 48,1%. Kata Kunci: Evaluasi Pelayanan, Sistem Distribusi, Kualitas Air, Air Bersih

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up