| JudulPENGARUH VOLUME LALU LINTAS TERHADAP UMUR SISA LAYAN LAPIS PERKERASAN BERDASARKAN METODE MEKANISTIK EMPIRIS |
| Nama: DAHLIA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Dahlia, F.112 22 033, “Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Umur Sisa Layan Lapis Perkerasan Berdasarkan Metode Mekanistik Empiris”. Dibimbing oleh Arief setiawan dan Novita Pradani Jalan Hangtuah yang berada di wilayah kota Palu merupakan salah satu ruas jalan yang menghubungkan antara Kelurahan Talise dan Kelurahan Tondo. Pada ruas ini mengalami kerusakan sehingga perlu diketahui berapa nilai lendutan maksimum dan minimum. Dalam analisis ini yang perlu dikaji adalah nilai tegangan dan regangan pada struktur perkerasan dan pada akhirmya kita bisa mengetahui sisa umur layan jalan tersebut dan solusi penanganannya. Penelitian ini menggunakan metode mekanistik empiris dengan program Kenpave - Kenlayer yakni dengan mendekripsikan dan menggambarkan data sampel dengan hasil pengujian di lapangan. Analisis yang digunakan berupa data primer yaitu lendutan dari hasil pengujian alat Benklemen Beam (BB) dan CBR hasil pengujian dengan alat Dynamic cone penetrometer (DCP). Hasil dari perhitungan lendutan BB diperoleh lendutan maksimum pada STA 0+500 sebesar 0.325 mm dan lendutan minimum pada STA 0+700 sebesar 0.168 mm. Dengan usulan penanganan pemeliharan rutin dengan overlay non struktural pada perkerasan lentur. Sehingga bisa mengakomodir peningkatan volume lalu lintas selama 10 (sepuluh) tahun. Kata kunci: Kenpave- Kenlayer, Sisa Umur layan, penanganan Perkerasan |