Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMODEL HUBUNGAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP EKSISTENSI PENGOPERASIAN TAXI ONLINE DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)
Nama: DESSY RACHMAWATY ACHSA
Tahun: 2025
Abstrak
Seiring pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia mendorong perusahaan berbasis online dari dalam maupun luar negeri mulai hadir dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia seperti transportasi online. Taxi online menawarkan kenyamanan taksi dengan harga rendah dan cukup bersaing dibandingkan dengan taksi resmi lainnya sehingga mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat cepat di Kota Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana karakteristik pengguna taxi online di Kota Palu dan untuk mengetahui dan menganalisis model mengenai kualitas pelayanan taxi online terhadap kepuasan pengguna di Kota Palu dengan metode SEM. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui hubungan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna taxi online di Kota Palu. Dari hasil analisis bahwa persepsi kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan taxi online di Kota Palu dapat disimpulkan dengan karakteristik pengguna taxi online di Kota Palu yang paling tinggi diperoleh pekerjaan pegawai swasta dengan persentase 46,27%, kemudian hubungan dimensi terhadap indikator-indikator berpengaruh kuat dengan nilai loading factor yaitu nilai koefisien determinasi > 0.70, persepsi kepuasan pelanggan yaitu faktor tarif yang menjadi faktor yang paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan lalu waktu, keselamatan, kenyamanan dan aksesbilitas. Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Kualitas Pelayanan, Structural Equation Modeling, Taxi Online

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up