JudulPengaruh Kualitas Pelayanan Angkutan Terhadap Kepuasan Pengguna Angkutan Kota Dengan Metode SEM (Structural Equation Modeling) |
Nama: GLEEN STEVVANY |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Gleen Stevvany, Taslim Bahar dan Tutang Muhtar Kamaludin “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Angkutan Terhadap Kepuasan Pengguna Angkutan Kota Dengan Metode SEM (Structural Equation Modeling) ” Pertumbuhan ekonomi dan pendidikan di kota Palu yang berkembang membuat jumlah kendaraan juga ikut meningkat, akan tetapi tidak didukung dengan transportasi umum dalam halnya Angkutan Kota (Angkot) sehingga Angkot bagi pelajar/mahasiswa menggunakan kendaraan pribadi yang berdampak pada jumlah kendaraan di jalan, dan berpotensi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, pengguna kendaraan bermotor bagi pelajar tidak sesuai aturan syarat mengemudi yang seharusnya minimal 17 tahun. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertambahnya kendaraan pribadi baik dalam kota maupun menuju luar kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pengguna Angkutan Kota di Kota Palu dan untuk mengetahui serta Menganalisis Gambaran Mengenai Kualitas Pelayanan Angkot Terhadap Kepuasan Pengguna Angkot Dengan Metode SEM (Structural Equation Modelling). Dari hasil analisis bahwa gambaran kualitas pelayanan angkutan kota terhadap kepuasan pengguna angkutan kota yang menjadi faktor yang paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna angkutan kota adalah faktor Responsiveness dalam hal ini adalah variabel tarif angkutan kota, sedangkan faktor kedua adalah faktor Empathy dalam hal ini adalah variabel waktu tunggu dan waktu perjalanan, dan faktor yang terakhir adalah faktor Assurance dalam hal ini adalah variabel keselamatan berlalu lintas. Didapatkan nilai koefisien determinasi (R2) model struktural hubungan kualitas pelayanan – kepuasan adalah 0.64 hal ini menunjukan kualitas pelayanan berpengaruh kuat terhadap kepuasan dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan kepuasan sebesar 64 %. Kata Kunci : Kepuasan, Angkutan, Pengguna, Kualitas, Pelayanan ABSTRACT Gleen Stevvany, Taslim Bahar and Tutang Muhtar Kamaludin “Users of Urban Public Transportation Using SEM (Structural Equation Modeling)” The economic and educational growth in Palu City has led to an increase in the number of vehicles, yet this growth is not supported by adequate public transportation, particularly in the form of urban public transportation (Angkot). As a result, students and university students opt to use private vehicles, which contributes to the growing number of vehicles on the road and increases the potential for traffic congestion and accidents. Additionally, the use of motorized vehicles by students often violates driving age regulations, which stipulate a minimum driving age of 17 years. This is evident from the increasing number of private vehicles both within and outside the city. The purpose of this study is to understand the characteristics of urban public transportation users in Palu City and to analyze the relationship between the quality of service provided by urban public transportation and user satisfaction using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The analysis reveals that the most significant factor influencing user satisfaction with urban public transportation is the Responsiveness factor, specifically the variable related to transportation fares. The second most significant factor is Empathy, particularly concerning waiting time and travel time. The last factor is Assurance, specifically the variable related to traffic safety. The determination coefficient (R²) for the structural model of service quality and user satisfaction is 0.64, indicating that service quality has a strong influence on satisfaction and can explain 64% of the variance in user satisfaction. Keywords: Satisfaction, Transportation, User, Service, Quality |