JudulHALAMAN JUDUL KAJIAN SISA UMUR LAYAN PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN METODE MEKANISTIK EMPIRIK MENGGUNAKAN PROGRAM KENPAVE-KENLAYER STUDI KASUS RUAS JALAN PANTOLOAN – TAWAELI STA. 19+600 – STA. 20+600 |
Nama: ADHIE SUDONO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Jalan nasional Pantoloan-Tawaeli STA.19+600 sampai dengan STA.20+600 merupakan jalur utama pendistribusian barang, jasa dan kendaraan dari dan menuju pelabuhan, ruas jalan ini mengalami kerusakan, oleh sebab itu perlu kajian secara detail untuk mengetahui penyebab dan solusi penanganan perbaikan yang dibutuhkan, khususnya terkait perilaku perkerasan lentur terhadap respon tegangan dan regangan dibawah lapis permukaan aspal dan dibawah lapis fondasi, dan pada akhirnya untuk mengetahui sisa umur rencana jalan dan menentukan tebal overlay untuk mengakomodir peningkatan volume lalu lintas selama 5 (lima) tahun kedepan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yakni dengan mendeskripsikan dan menggambarkan data sampel sesuai dengan hasil pengujian di lapangan. Analisis yang digunakan berupa data primer berupa data lendutan hasil pengujian alat Falling Weight Deflectometer (FWD) dan CBR hasil pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Hasil dari perhitungan lendutan FWD didapat nilai lendutan wakil (Dwakil) keseluruhan segmen arah normal Tawaeli-Pantoloan sebesar 0,0913 mm, dan arah opposite Pantoloan-Tawaeli sebesar 0,1408 mm dengan usulan pemilihan jenis penanganan yaitu pemeliharaan rutin dengan overlay non-struktural pada perkerasan tersebut. Untuk mengakomodir peningkatan volume lalu lintas selama 5 (lima) tahun kedepan, direkomendasikan menggunakan tebal lapis tambah (overlay) sebesar 11 cm untuk mengantisipasi kerusakan permanent deformation dengan prediksi sisa umur layan (RSL) sebesar 97,95 ?n tebal 10 cm untuk mengatisipasi kerusakan fatigue cracking dengan prediksi sisa umur layan (RSL) sebesar 85,77 %. Kata kunci : overlay, Falling Weight Deflectometer (FWD), KENPAVE-KENLAYER. ? |