Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS TINGKAT PELAYANAN PELABUHAN TERHADAP KINERJA PELABUHAN PENYEBERANGAN TANJUNG BATU TOLITOLI
Nama: RAHMAT HADISI TURILLAH
Tahun: 2023
Abstrak
Rahmat Hadisi Turillah, “Analisis Tingkat Pelayanan Pelabuhan Terhadap Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Batu Tolitoli”. (Dibimbing oleh Fahira F dan Setiyawan) Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Batu Tolitoli merupakan salah satu bentuk pelayanan jasa transportasi laut yang sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan daerah kabupaten tolitoli maupun sekitarnya, oleh karena itu kelengkapan dan kelayakan infrastruktur pelabuhan sangat diperlukan guna meningkatkan kinerja pelayanan Pelabuhan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pelayanan pelabuhan menurut pengguna jasa, berdasarkan kelengkapan dan kelayakan sarana dan prasarana, serta pengaruh tingkat pelayanan terhadap kinerja pelabuhan. Penelitian dilakukan di pelabuhan penyeberangan Tanjung Batu Tolitoli dengan menyebarkan 100 kuisioner kepada responden pengguna jasa pelabuhan. Dari hasil penelitian dan analisis didapatkan 6 faktor pelayanan di pelabuhan yang mempengaruhi kinerja pelabuhan yaitu keselamatan, keamanan, kehandalan/keteraturan, kenyamanan, kemudahan/keterjangkauan dan kesetaraan. Hasil analisis tingkat kepuasan penumpang menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), diperoleh nilai kepuasan sebesar 39,65% termasuk dalam kategori kurang puas atau belum sesuai dengan harapan pengguna jasa. Hasil pembobotan kelayakan fasilitas Pelabuhan didapatkan bahwa aspek keselamatan, kemananan, kenyamanan dan kesetaraan masuk dalam kategori tidak layak, aspek kemudahan masuk dalam kategori cukup layak sedangkan aspek kehandalan masuk dalam kategori sangat layak. Waktu rata-rata pelayanan KMP. Julung-julung di Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Batu Tolitoli masih tergolong waktu yang cukup lama yaitu 174,38 menit. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa 6 faktor pelayanan di pelabuhan tersebut dapat mempengaruhi kinerja pelabuhan sebesar 65,8%. Guna meningkatkan kinerja Pelabuhan, perlu dilakukan rehabilitasi untuk seluruh fasilitas di Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Batu Tolitoli, penambahan fasilitas pendukung seperti CCTV, pengeras suara, APAR, jalur evakuasi, titik kumpul, ruang ibu menyusui, jembatan timbang dan gangway, pengaturan operasional pelabuhan dengan sistem zonasi serta pengaturan sirkulasi pergerakan kendaraan dan penumpang. Kata Kunci : Tingkat Pelayanan Pelabuhan, Kinerja Pelabuhan, Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Batu Tolitoli

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up