Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN PALU IV TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN DI SEKITARNYA
Nama: NUR ABDULRAHIM
Tahun: 2023
Abstrak
Kota Palu mengalami pertumbuhan yang memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai pasca bencana yang terjadi pada tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja lalu lintas pasca runtuhnya Jembatan Palu dan setelah Jembatan Palu IV dibangun lagi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan evaluasi kondisi volume lalu lintas setelah dibangun Jembatan Palu IV serta sebagai salah satu sumber informasi untuk pengembangan penelitian lebih lanjut. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di ruas jalan yang berada di sekitar Jembatan Palu IV dengan jumlah 18 ruas jalan. Waktu penelitian berlangsung di ruas jalan pada jam puncak. Pergerakan kendaraan ini dapat dibuat dalam simulasi program PTV Visum yang memuat informasi bangkitan dan tarikan. PTV Visum juga diharapkan dapat memberikan pendekatan alternatif terkait model makroskopik dalam mengembangkan rencana jaringan jalan transportasi. Adanya pembangunan Jembatan Palu IV ini mengakibatkan peningkatan volume lalu lintas terutama di Jalan Raja Moili, Jalan dr. Soeharso dan Jalan Cumi-Cumi. Juga dengan adanya pembangunan Jembatan Palu IV ini mengakibatkan turunnya volume lalu lintas di jalan sekitar Jembatan Palu I dan III. Kinerja lalu lintas pasca runtuhnya Jembatan Palu IV mengalami kenaikan pergerakan kendaraan terutama di Jalan Gajah Mada dan Jalan Kimaja. Adanya perubahan pola pergerakan yang terjadi setelah Jembatan Palu IV dibangun, dimana perubahan tersebut yang awalnya pergerakan kendaraan terbesar di zona 3 dan 14 tetapi setelah dilakukan pembangunan Jembatan Palu IV maka pergerakan kendaraan di zona 3 dan 14 mengalami penurunan volume lalu lintas. Kata kunci : Jembatan Palu IV, kinerja lalu lintas, PTV Visum

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up