JudulDAMPAK BANGKITAN/TARIKAN LALU-LINTAS KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) PALU TERHADAP KINERJA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN NASIONAL PANTOLOAN-TAWAELI) |
Nama: ABDUL GAFFAR HAMID |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Kota Palu ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bertujuan untuk pengembangan potensi ekonomi wilayah, sebagai pusat logistik terpadu dan industri pengolahan pertambangan di koridor ekonomi Sulawesi guna mendorong pemerataan dan peningkatan serta percepatan ekonomi. Kinerja perkerasan jalan akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya umur layanan jalan, dampak dari keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu mengakibatkan bangkitan/tarikan pergerakan lalu-lintas baru yang membebani ruas jalan Nasional Pantoloan-Tawaeli. Penelitian ini di lakukan dengan panduan Manual Desain Perkerasan (MDP) Jalan Tahun 2017, dimana dari hasil penelitian terjadi pembebanan lalu-lintas akibat keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu sebesar 997.761.256 CESAL, sehingga mengakibatkan terjadinya pengurangan umur layanan jalan sebesar 10 tahun Kata kunci : Bangkitan/tarikan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), beban kendaraan, kinerja perkerasan jalan |