JudulPENGARUH BEBAN PUNCAK TERHADAP KEDALAMAN RUTTING SAAT RETAK HALUS PADA PERKERASAN BERASPAL JALAN TRANS PANTOLOAN, PALU |
Nama: HAMDAYANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Hamdayani. Pengaruh Beban Puncak Terhadap Kedalaman Rutting Saat Retak Halus Pada Perkerasan Beraspal Jalan Trans Pantoloan, Palu (Dibimbing oleh Syamsul Arifin dan Ratnasari Ramlan). Ruas jalan Pantoloan – Tawaeli dengan fungsi jalan arteri memiliki Pelabuhan Pantoloan sebagai pusat logistik dan barang nasional, sebagai lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu yang diperkirakan presentase kendaraan beratnya jauh lebih besar dan menyebabkan kerusakan rutting pada permukaan aspal, sehingga perlu diketahui bagaimana pengaruh beban puncak terhadap tebal perkerasan, waktu terjadinya retak halus, retak lebar, dan retak 50?n rutting, digunakan Highway Development and Manajemen (HDM) III, dari data CBR dan LHR direncanakan umur layanan 5, 10, 15 dan 20 tahun. Dari hasil penelitian diketahui bahwa semakin lama umur layanan maka nilai beban puncak akan semakin besar. dan semakin besar nilai beban puncak maka lapis perkerasan lentur yang dibutuhkan akan semakin tebal dan semakin cepat jalan tersebut diprediksi mengalami retak. Pengaruh waktu terjadi retak terhadap kedalaman rutting dengan variasi umur rencana yaitu semakin lama umur rencana maka semakin cepat waktu terjadi retak Halus (TYN), Retak Lebar, Retak 50% maka semakin dalam rutting yang terjadi pada perkerasan beraspal. Keywords: Beban Puncak, Retak halus, Umur Rencana, TYN, and Rutting |