JudulANALISIS PENGARUH BEBAN BERAT TERHADAP UMUR LAYANAN KONSTRUKSI PERKERASAN ACWC |
Nama: ANDIS ISKANDAR |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Andis Iskandar, F 11215007, Analisis Pengaruh Beban Berat Terhadap Umur Layanan Konstruksi Perkerasan ACWC. Dibimbing oleh Syamsul Arifin dan Arief Setiawan. Hasil akhir pada saat mendesain konstruksi perkerasan jalan lentur (Flexible Pavement) AC-WC adalah berapa lama umur layanan konstruksi yang di desain sesuai umur rencana dimana dapat memberi layanan sesuai kualitas dan akumulasi beban serta tingkat pertumbuhan lalu lintas. Selama periode umur layanan diharapkan tidak terjadi kerusakan berarti pada konstruksi jalan. Berdasarkan manual World Bank bahwa "pavement age" adalah umur layanan hingga mulai terjadinya retak halus dipermukaan lapis perkerasan beraspal, sementara "pavement life" adalah umur layanan pada saat telah terjadi 50% keretakan. untuk memprediksi pavement age dan pavement life konstruksi dengan Metode HDM III dan Metode IRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh akumulasi beban lalu lintas dan beban overload kendaraan terhadap tebal permukaan (surface pavement ) dan total tebal struktur konstruksi jalan, serta menganalisis perubahan umur layanan dimana dimulai dengan terjadi retak halus (TYN) pada lapis Lapis Permukaan AC-WC (Asphalt Concrete Wearing Course). Perhitungan terhadap bertambahnya komulatif beban gandar (wt) pada kondisi normal dan kondisi beban berlebih terhadap umur rencana konstruksi perkerasan lentur AC-WC. Akibat peningkatan beban gandar (wt) maka total ketebalan konstruksi jalan (H-Tot) semakin besar. Untuk petumbuhan lalulintas (g = 2,5%) H-tot rata-rata 528,61 mm dan pertumbuhan lalulintas 10% memiliki H tot rata-rata 575,18 mm. Periode layanan hingga terjadi retak halus (TYN) yang terlama yaitu pada pertumbuhan 2,5?ngan rata-rata 0,96 tahun. Sedangkan Periode layanan hingga terjadi retak halus (TYN) yang tercepat terjadi pada pertumbuhan 10?ngan rata-rata 0,67 tahun. Kata kunci : LHR , HDM III, IRC,AC WC, H-Total, TYN |