JudulANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI RENCANA PEMBANGUNAN JEMBATAN TOIMA IV |
Nama: BAYU VIRGIAWAN HANDAREKSA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Bayu Virgiawan Handareksa, “Analisis Teknis Dan Ekonomi Rencana Pembangunan Jembatan Toima IV”. (Dibimbing oleh Nirmalawati dan Fahirah F). Transportasi darat merupakan denyut nadi utama dalam perkembangan suatu kota. Jembatan merupakan salah satu prasarana penting selain jalan. Hal ini didiukung oleh pemerintah khususnya untuk membangun infrastruktur di daerah-daerah. Menurut DIPA Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Sulawesi Tengah dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang sedang giat. Investasi dari pemerintah tersebut guna untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan yang dapat melancarkan transportasi di daerah-daerah agar dapat meningkatkan perekonomian. Hasil penelitian dapat digunakan untuk sebagai salah satu pertimbangan dari pembangunan Jembatan Toima IV dari segi analisis teknis dan ekonomi, serta mengetahui analisis teknis dan ekonomis dari pembangunan Jembatan Toima IV dengan metode metode yang akan diaplikasikan yaitu: Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback period. Dari hasil penilaian investasi dengan menggunakan metode NPV diperoleh hasil Rp. 5,747,308,019,677.-, dengan metode IRR diperoleh sebesar 29.994% lebih besar dari 15 ?n Profitability Index (PI) memiliki nilai 1,133 yang lebih besar daripada 1 serta analisis Payback Period (PP) diperoleh waktu 17 Tahun untuk mencapai Break Even Point. Kata Kunci : Jembatan, Net Present Value, Internal Rate of Return, Payback Period |