JudulStudi Peningkatan Kapasitas Simpang Sisi Selatan Kampus Universitas Tadulako |
Nama: NILZAM AZIZA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Simpang merupakan area kritis dalam jaringan jalan karena menjadi titik temu arus lalu lintas dari dua arah atau lebih, sehingga berpotensi menimbulkan konflik dan kemacetan. Untuk mengurangi risiko kecelakaan, tundaan, derajat kejenuhan, serta antrean kendaraan, diperlukan pengendalian lalu lintas yang tepat guna mengoptimalkan kinerja simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja eksisting dan merumuskan solusi perbaikan pada simpang-simpang di sisi selatan Kampus Universitas Tadulako. Metode yang digunakan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Penelitian dilakukan selama empat minggu dengan survei lalu lintas pada empat simpang berbeda, masing-masing selama satu minggu, pada hari Senin dan Kamis pukul 07.00 – 09.00 (pagi) dan 15.00 – 17.00 (sore) sebagai jam puncak. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi eksisting memiliki derajat kejenuhan (DJ) tertinggi sebesar 0.37, tundaan rata-rata 8.747 detik, peluang antrian antara 6.691% hingga 17.134%, dan tingkat pelayanan berada pada kategori B, yang mencerminkan kondisi lalu lintas masih cukup baik dan efisien. Solusi penanganan yang diusulkan meliputi pelebaran jalan, perubahan arah lalu lintas menjadi dua arah pada simpang Fakultas Teknik serta Pascasarjana – Pintu Keluar, dan pemindahan trotoar. Dengan penerapan solusi ini, kinerja simpang diproyeksikan meningkat dengan DJ sebesar 0.36, tundaan rata-rata 8.654 detik, dan tetap pada tingkat pelayanan kategori B. Namun demikian, dengan terus bertambahnya volume kendaraan, evaluasi dan penyesuaian terhadap solusi yang diterapkan perlu dilakukan secara berkala. Kata Kunci: Simpang Tak Bersinyal; Kinerja Lalu Lintas; PKJI 2023; Simpang Tiga dan Simpang Empat |