JudulPENGARUH KECEPATAN KENDARAAN YANG DIGUNAKAN DALAM PENGUJIAN TERHADAP NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DARI PEMBACAAN APLIKASI ROADBOUNCE PRO (STUDI KASUS JALAN WOLTER MONGINSIDI KOTA PALU) |
Nama: ANDI FATURRAHMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Kondisi permukaan jalan merupakan indikator penting dalam menilai kualitas infrastruktur jalan. Salah satu parameter yang digunakan adalah International Roughness Index (IRI), yang mengukur tingkat kekasaran permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecepatan kendaraan uji terhadap nilai IRI yang diperoleh melalui aplikasi RoadBounce Pro, serta membandingkannya dengan nilai IRI dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tengah. dilakukan pada ruas Jalan Wolter Monginsidi Kota Palu sepanjang 1 km, dengan tiga variasi kecepatan kendaraan yaitu 30–40 km/jam, 40–50 km/jam, dan 50–60 km/jam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan pengambilan data primer menggunakan aplikasi RoadBounce Pro dan data sekunder dari BPJN. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai IRI pada setiap variasi kecepatan, di mana kecepatan kendaraan berpengaruh terhadap tingkat kekasaran yang terukur. Selain itu, hasil pengujian statistik memperlihatkan nilai kondisi antara data RoadBounce Pro dan data BPJN, meskipun terdapat deviasi nilai yang dapat dipengaruhi oleh perbedaan metode dan sensitivitas alat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi RoadBounce Pro dapat digunakan sebagai alat alternatif dalam pengukuran IRI, namun perlu kalibrasi dan pengendalian variabel pengujian, terutama kecepatan kendaraan, untuk meningkatkan akurasi pengukuran. Kata kunci: International Roughness Index (IRI), RoadBounce Pro, Roughometer III, kekasaran jalan, Jalan Wolter Monginsidi, Kota Palu |