JudulEVALUASI PERKERASAN PERMUKAAN JALAN BERSADARKAN NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) MENGGUNAKAN APLIKASI ROADBOUNCE PRO STUDI KASUS JALAN SAM RATULANGI KOTA PALU |
Nama: OMEGA WELLY RIVALDO |
Tahun: 2025 |
Abstrak EVALUASI PERKERASAN PERMUKAAN JALAN BERSADARKAN NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) MENGGUNAKAN APLIKASI ROADBOUNCE PRO STUDI KASUS JALAN SAM RATULANGI KOTA PALU Omega Welly Rivaldo, Novita Pradani, Muflihatun Nurfadillah Efendi ABSTRAK Penilaian kondisi permukaan jalan merupakan aspek krusial dalam pemeliharaan infrastruktur transportasi. Salah satu parameter yang digunakan untuk menilai kondisi permukaan jalan adalah International Roughness Index (IRI). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kekasaran permukaan ruas Jalan Sam Ratulangi Kota Palu menggunakan aplikasi RoadBounce Pro, serta membandingkan hasilnya dengan alat Roughometer III dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dengan survei lapangan pada perkerasan lentur sepanjang 1,3 km menggunakan kendaraan jenis LCGC pada kecepatan 30 km/jam, 50 km/jam, dan 70 km/jam. Data IRI dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan uji normalitas, uji t berpasangan, serta analisis korelasi menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IRI berada dalam kategori baik hingga sedang. Pada kecepatan 30 km/jam diperoleh korelasi cukup kuat terhadap Roughometer III dengan koefisien korelasi pearson sebesar 0,517. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa data IRI terdistribusi normal pada semua kecepatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa RoadBounce Pro dapat digunakan sebagai alat bantu yang valid, praktis, murah dan efisien dalam mengevaluasi permukaan jalan, serta mendukung digitalisasi sistem pemeliharaan infrastruktur jalan di Indonesia. Kata kunci: International Roughness Index (IRI), RoadBounce Pro, Roughometer III, Kekasaran Jalan, Perkerasan Lentur, Jalan Sam Ratulangi, Kota Palu THE EVALUATION OF ROAD SURFACE PAVEMENT BASED ON THE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) VALUE USING THE ROADBOUNCE PRO APPLICATION (A CASE STUDY OF SAM RATULANGI ROAD, PALU) Omega Welly Rivaldo, Novita Pradani, Muflihatun Nurfadillah Efendi ABSTRACT Assessment of road surface conditions is a crucial aspect in the maintenance of transportation infrastructure. One of the parameters used to assess the condition of the road surface is the International Roughness Index (IRI). This study aims to evaluate the surface roughness of the Sam Ratulangi Road section in Palu City using the RoadBounce Pro application, as well as compare the results with the Roughometer III tool from the Central Sulawesi National Road Implementation Center (BPJN). This study uses a descriptive quantitative approach method with a field survey on flexible pavement along 1.3 km using LCGC type vehicles at speeds of 30 km/h, 50 km/h, and 70 km/h. IRI data were analyzed descriptively and statistically with normality tests, paired t-tests, and correlation analysis using Microsoft Excel. The results of the study showed that the IRI value was in the good to moderate category. At a speed of 30 km/h, a fairly strong correlation was obtained for Roughometer III with a pearson correlation coefficient of 0.517. The results of the hypothesis test show that the IRI data is normally distributed at all speeds. This study concludes that RoadBounce Pro can be used as a valid, practical, cheap and efficient tool in evaluating road surfaces, as well as supporting the digitalization of road infrastructure maintenance systems in Indonesia. Keywords: International Roughness Index (IRI), RoadBounce Pro, Roughometer III, Road Roughness, Flexible Pavement, Sam Ratulangi Street, Palu City. |