Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Biaya Perbaikan Bangunan Sekolah Dasar Negeri Akibat Gempa Dikecamatan Ulujadi
Nama: DIAS HERMAWAN
Tahun: 2023
Abstrak
ANALISA BIIAYA PERBAIKAN BANGUNAN SEKOLAH DASAR NEGERI AKIBAT GEMPA DI KECAMATAN ULUJADI Dias Hermawan, Donny M. Mangitung, Hilida Listiawaty. ABSTRAK Bangunan gedung sekolah merupakan prasarana yang sangat penting dalam mendukung suksesnya program pendidikan, namun dengan adanya gempa yang terjadi dan menimbulkan kerusakan pada bangunan sekolah, maka dibutuhkan perbaikan pada bangunan sekolah agar proses belajar mengajar tidak terbengkalai akibat adanya bencana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembagian kategori kerusakan untuk setiap bangunan sekola, berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan sekolah yang rusak akibat gempa dan bagaimana hubungan antara besarnya biaya perbaikan dengan total luasan gedung sekolah yang ada di kecamatan Ulujadi. Untuk metode pengumpulan data yang diambil berupa data primer mealui wawancara dan survey lapangan serta data sekunder berupa Analisa harga satu pekerjaan (AHSP) dan survei kerusakan analisa data dilakukan dengan menghitung volume kerusakan dan merekapitulasi rencana anggaran biaya (RAB) dari perkerjaan perbaikan kerusakan untuk mengetahui berapa besar biaya perbaikan per m2 dari luasan bangunan sekolah mengelompokan bangunan dalam kategori kerusakan dan menyajikan hasil penelitian dalam bentuk tabel dan grafik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya biaya perbaikan untuk 4 sekolah yang belum melakukan perbaikan adalah Rp. 6.895.517 dan sebesar Rp. 1.234.127.663 untuk 9 sekolah yang telah selesai melakukan perbaikan, 5 sekolah termasuk dalam kategori kerusakan sedang, 3 sekolah kategori kerusakan ringan, 4 sekolah kategori kerusakan sangat ringan dan 1 sekolah tidak mengalami kerusakan. Kata kunci : Biaya Perbaikan Kerusakan, Gempa, Gedung Sekolah. ANALYSIS OF THE REPAIR COST OF STATE ELEMENTARY SCHOOL BUILDINGS DUE TO THE EARTHQUAKE IN ULUJADI DISTRICT Dias Hermawan, Donny M. Mangitung, Hilida Listiawaty. ABSTRACT School buildings are very important infrastructure in supporting the success of educational programs, but with the earthquake that occurred and caused damage to school buildings, repairs were needed to school buildings so that the teaching and learning process was not abandoned due to a disaster. The purpose of this research is to find out how the division of damage categories for each school building. how much budget is needed to repair schools damaged by the earthquake and what is the relationship between the amount of repair costs and the total area of school buildings in the Ulujadi sub-district. The data collection method taken is in the form of primary data through interviews and field surveys as well as secondary data in the form of work unit price analysis (AHSP) and damage surveys. Data analysis is carried out by calculating the volume of damage and recapitulating the budget plan (RAB) of the damage repair work to find out how much repair costs per m2 of school building area classify buildings into damage categories and present research results in tabular and graphical form. The results showed that the cost of repairs fo 4 schools that had not made repairs was Rp. 6,895,517 and Rp. 1,234,127,663 for 9 schools that have completed repairs, 5 schools are included in the moderate damage category, 3 schools are in the light damage category, 4 schools are in the very light damage category and 1 school is not damaged. Keywords: Damage Repair Costs, Earthquake, School Building.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up