JudulKARAKTERISTIK CAMPURAN AC -WC MENGGUNAKAN MATERIAL DARI ARANG TEMPURUNG KELAPA DENGAN METODE KUAT TARIK TIDAK LANGSUNG |
Nama: RANDY RALF HAUMAHU |
Tahun: 2025 |
Abstrak Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi, sosial, pengembangan kawasan wisata, serta keamanan untuk menunjang pembangunan nasional. Laston lapisan aus atau lapisan permukaan disebut AC-WC merupakan bagian lapisan yang paling sering terjadi kerusakan akibat repetisi beban kendaraan, faktor lingkungan dan faktor cuaca. Tujuan dari Penggunaan arang tempurung kelapa yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan memberikan dampak ekonomi yang positif pada masyarakat dan mengurangi dampak polusi lingkungan. Pengujian ini dilakukan di laboraturium transportasi jalan raya Universitas Tadulako, dimana dalam penelitian ini didapatkan data agregat dan campuran dikumpulkan untuk koagulasi dengan jumlah serbuk arang tempurung kelapa . VMA, VIM, VFB, Stability, Flow, dan MQ adalah nilai kadar arang0%,5%, 10%, 15?n 20% yang harus diperoleh sesuai dengan persyaratan dan standar. Sejumlah pengujian dilakukan untuk menentukan parameter yang diperlukan, termasuk tes marshall, pengisi jenis berat, tes berat agregat, desain tingkat aspal optimal dan uji ITS (Indeks Tensile Strength). Hasil penelitian di dapatkan bahwa pada setiap para meter yang dibutuhkan, diperoleh nilai dari uji marshall filler serbuk arang tempurung kelapa mendapatkan kadar aspal optimumnya yaitu 5,85%, Dan memenuhi spesifikasi Bina Marga untuk lapisan perkerasan AC-WC. dan untuk pengujian ITS didapatkan nilai maksimum pada 20% kadar arang tempurung kelapa dengan nilai 784.20 kPa. |