JudulDAMPAK PEMBUKAAN MEDIAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS SIMPANG JALAN M. YAMIN - JALAN KARTINI |
Nama: SHAFIYAH NAYLA ANINDITA |
Tahun: 2025 |
Abstrak DAMPAK PEMBUKAAN MEDIAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS SIMPANG JALAN M. YAMIN – JALAN KARTINI Shafiyah Nayla Anindita, Taslim Bahar, Rahmatang Rahman ABSTRAK Transportasi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dengan dampak signifikan pada individu, masyarakat, perkembangan ekonomi, dan kebijakan sosial nasional. Peningkatan jumlah kendaraan dapat mengakibatkan kemacetan dan menghambat arus lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi saat ini dan kondisi setelah pembukaan median pada simpang Jalan M. Yamin – Jalan Kartini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena diperoleh dari data primer dan dikelola menggunakan rumus perhitungan yang sesuai dengan PKJI (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia). Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian yaitu kinerja jalan pada simpang Jalan M. Yamin – Jalan Kartini pada saat kondisi eksisting dengan menggunakan analisis kinerja jalinan tunggal diperoleh nilai derajat kejenuhan (DJ) yakni = 0,43. Maka dapat diketahui bahwa kinerja jalan pada saat kondisi eksisting dengan menggunakan analisis kinerja jalinan berada dalam kondisi lancar. Kinerja lalu lintas Jalan M. Yamin – Jalan Kartini pada kondisi setelah pembukaan median dengan menggunakan analisis kinerja simpang yaitu diperoleh nilai derajat kejenuhan (DJ) yaitu 0,83 dengan nilai tundaan yaitu 14,01. Maka dapat diketahui bahwa kinerja lalu lintas pada kondisi setelah pembukaan median berada dalam kondisi lancar. Kata kunci: U-Turn, median, kinerja jalinan tunggal, kinerja simpang THE IMPACT OF MEDIAN OPENING ON TRAFFIC PERFORMANCE AT THE M. YAMIN - KARTINI ROAD INTERSECTION Shafiyah Nayla Anindita, Taslim Bahar, Rahmatang Rahman ABSTRACT Transportation plays an important role in human life with significant impacts on individuals, communities, economic development, and national social policies. An increase in the number of vehicles can result in congestion and impede traffic flow. This study aims to determine the current conditions and conditions after the opening of the median at the Jalan M. Yamin - Jalan Kartini intersection. This research uses qualitative methods because it is obtained from primary data and managed using calculation formulas in accordance with PKJI (Indonesian Road Capacity Guidelines). Based on the results of the analysis, the research results show that the road performance at the Jalan M. Yamin - Jalan Kartini intersection during existing conditions using a single braid performance analysis obtained a degree of saturation (DJ) value of = 0.43. So it can be seen that the road performance during existing conditions using braid performance analysis is in a smooth condition. The traffic performance of Jalan M. Yamin - Jalan Kartini under conditions after opening the median using an intersection performance analysis, namely the degree of saturation (DJ) value is 0.83 with a delay value of 14.01. So it can be seen that the traffic performance on the condition after the opening of the median is in a smooth condition. Keywords: U-Turn, median, single braid performance, intersection performance |