JudulDAMPAK PENUTUPAN U–TURN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA JALAN M. YAMIN (SEGMEN DEPAN LAPANGAN VATULEMO) |
Nama: WIRDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak DAMPAK PENUTUPAN U–TURN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA JALAN M. YAMIN (SEGMEN DEPAN LAPANGAN VATULEMO) Wirda, Taslim Bahar, Rahmatang Rahman ABSTRAK Transportasi sangat berperan penting sebagai perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan yang digerakan oleh manusia itu sendiri. Peningkatan volume kendaraan pada ruas Jalan M. Yamin terjadi di pagi hari 07.00-09.00 dan pada sore dari jam 16.00-18.00. Ruas jalan M. Yamin merupakan jalan utama di pusat kota palu, Kawasan ini merupakan Kawasan Perkantoran, Pertokoan dan Restaurant. Jalan ini merupakan tipe jalan empat lajur dua arah terbagi atau menggunakan median, pada ruas jalan ini khususnya di depan taman Vatulemo terdapat penutupan median untuk mengakomodir Gerakan putar balik. Penelitian ini secara khusus membahas tentang dampak penutupan U-Turn terhadap karakteristik lalu lintas di ruas jalan kota palu. Survei lalu lintas dilakukan untuk mendapatkan jumlah kendaraan yang melalui ruas jalan tersebut. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja lalu lintas dan kinerja jalan pada jalan M. Yamin. Proses pengumpulan data di lapangan ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari survei langsung di lapangan, sedangkan data sekunder berupa denah lokasi (maps). Analisis yang dilakukan meliputi kinerja jalinan Tunggal, kinerja jalan dan prediksi 5 tahun mendatang dengan menghitung kapasitas berdasarkan pedoman kapasitas jalan indonesia (PKJI) 2023. Dalam hasil penelitian pada kondisi eksisting didapat nilai derajat kejenuhan (DJ) pada jalinan Tunggal dengan nilai DJ = 0,26 sedangkan nilai eksisting pada ruas jalan M. Yamin didapatkan nilai DJ = 0,51 dan pada kodisi prediksi 2024 dimana nilai derajat kejenuhan didapatkan 0,44 dan pada saat prediksi 5 tahun mendatang didapatkan nilai DJ = 0,58. Kata Kunci : U–Turn, Jalinan Tunggal, Kinerja Lalu Lintas, Kinerja Jalan. IMPACT OF U-TURN CLOSURE ON TRAFFIC PERFORMANCE ON M. YAMIN ROAD (SEGMENT IN FRONT OF VATULEMO FIELD) Wirda, Taslim Bahar, Rahmatang Rahman ABSTRACT Transportation plays a very important role as the movement of people or goods from one place to another using vehicles driven by humans themselves. The increase in vehicle volume on Jalan M. Yamin occurs in the morning 07.00-09.00 and in the afternoon from 16.00-18.00. The road section of M. Yamin is the main road in the center of the hammer city, this area is an office, shop and restaurant area. This road is a type of four-lane two-way divided road or using a median, on this road section, especially in front of the Vatulemo park, there is a median closure to accommodate the U-turn movement. This research specifically discusses the impact of U-Turn closure on traffic characteristics on the hammer city road. A traffic survey was conducted to obtain the number of vehicles passing through the road section. And the purpose of this study is to determine the performance of traffic and road performance on M. Yamin road. The data collection process in this field includes primary data and secondary data. Primary data is obtained from direct surveys in the field, while secondary data is in the form of location plans (maps). The analysis carried out includes the performance of the Single braid, road performance and predictions for the next 5 years by calculating capacity based on the Indonesian road capacity guidelines (PKJI) 2023. In the results of the research on the existing conditions obtained the degree of saturation (DJ) value on the Single braid with a value of DJ = 0.26 while the existing value on the M. Yamin road section obtained a value of DJ = 0.51 and in the 2024 prediction condition where the degree of saturation value is obtained 0.44 and at the time of the prediction of the next 5 years obtained a value of DJ = 0.58. Keywords: U-Turn, Single Braid, Traffic Performance, Road Performance. |