Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulREDESAIN GEOMETRIK JALAN RUAS TAWAELI - TOBOLI KILOMETER 31 - KILOMETER 33
Nama: MUH. WISAL ADITYA
Tahun: 2024
Abstrak
REDESAIN GEOMETRIK JALAN RUAS TAWAELI – TOBOLI KILOMETER 31 – KILOMETER 33 Muh. Wisal Aditya, Eko Rahmat Labaso, Ida Sri Oktaviana ABSTRAK Ruas jalan Tawaeli – Toboli merupakan salah satu akses dari Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong, berdasarkan klasifikasi administrasi pemerintahan jalan ini termasuk golongan jalan Nasional. Ruas jalan Tawaeli - Toboli yang berada di daerah perbukitan dan terkenal karena lerengnya yang rawan longsor. Keadaan topografi di wilayah ini merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh. Sebagai contoh, jalan yang berada di Km 31 - Km 33 merupakan jalan yang kurang nyaman dan aman untuk dilintasi. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kondisi geometri eksisting jalan ruas Tawaeli - Toboli pada km. 31 – km. 33, dan mengetahui perbandingan geometri eksisting jalan ruas Tawaeli - Toboli pada km. 31 – km. 33 dengan standar Bina Marga 2021. Tahapan metodologi penelitian ini ialah dengan melakukan pengambilan data berupa data Geometrik Jalan dan Kondisi Geomerik Jalan diperoleh dari hasil pengukuran di lapangan kemudian diolah menjadi gambar long section dan cross section. Dan dilakukan pengambilan data Kecepatan Kendaraan Eksisting, dengan melakukan pengukuran kecepatan kendaraan yang melintasi tikungan. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan bantuan software Microsoft Office Excel 2019, Autodesk Civil 3D 2016, dan Google Earth agar mendapatkan hasil yang akurat dan efisien. Dari hasil Analisa yang dilakukan terhadap kondisi eksisting ruas jalan Tawaeli – Toboli km. 31- km. 33, ditemukan bahwa beberapa titik tidak memenuhi syarat minimum standar jalan Bina Marga 2021, hal ini mengakibatkan jalan tidak aman dan nyaman untuk dilewati. Dari proses redesain terhadap trase eksisting yang tidak memenuhi standar minimum perencanaan geometrik jalan oleh Bina Marga, diperoleh trase baru sepanjang 1,755 km sehingga panjang jalan berkurang sepanjang 245 m, artinya jarak dan waktu tempuh perjalanan ikut berkurang. Trase baru ini memberikan nilai keamanan, kenyamanan serta nilai ekonomis kepada pengguna jalan yang akan melewati jalan tersebut. Dengan adanya perubahan jari – jari tikungan maka alinyemen horizontal lama pada tikungan tertentu tidak dipergunakan lagi dan direncanakan alinyemen horizontal baru sesuai pedoman desain geometric jalan (PDGJ 2021). Pada eksisting tikungan yang ditinjau berjumlah 25 tikungan dan setelah diredesain kembali berkurang menjadi 18 tikungan sehingga berbanding lurus dengan panjang jalan yang juga ikut berkurang. Kata Kunci : Evaluasi Geometrik Jalan, Redesain, Ruas Tawaeli – Toboli GEOMETRIC REDESIGN OF TAWAELI - TOBOLI ROAD SECTION KILOMETRE 31 - KILOMETRE 33 Muh. Wisal Aditya, Eko Rahmat Labaso, Ida Sri Oktaviana ABSTRACK The Tawaeli - Toboli road section is one of the accesses from Donggala Regency and Parigi Moutong Regency, based on the classification of government administration this road belongs to the National road group. The Tawaeli - Toboli road section is located in a hilly area and is famous for its landslide-prone slopes. The topography in this area is one of the most influential factors. For example, the road at Km 31 - Km 33 is a road that is less comfortable and safe to cross. This study aims to determine the existing geometry condition of the Tawaeli - Toboli road section at km. 31 - km. 33, and knowing the comparison of the existing geometry of the Tawaeli - Toboli road section at km. 31 - km. 33 with the 2021 Bina Marga standard. The stages of this research methodology are to collect data in the form of Road Geometric data and Road Geomeric Conditions obtained from field measurements and then processed into long section and cross section images. And taking data on Existing Vehicle Speed, by measuring the speed of vehicles crossing the bend. Furthermore, the data obtained is processed with the help of Microsoft Office Excel 2019 software, Autodesk Civil 3D 2016, and Google Earth in order to obtain accurate and efficient results. From the results of the analysis carried out on the existing conditions of the Tawaeli - Toboli road section km. 31- km. 33, it was found that several points did not meet the minimum requirements of the 2021 Bina Marga road standards, this resulted in the road not being safe and comfortable to pass. From the redesign process of the existing trajectory that does not meet the minimum standards of road geometric planning by Bina Marga, a new 1.755 km long trajectory is obtained so that the road length is reduced by 245 m, meaning that the distance and travel time are also reduced. This new trajectory provides safety, comfort and economic value to road users who will pass through the road. With the change in the bend radius, the old horizontal alignment at certain bends is no longer used and a new horizontal alignment is planned according to the road geometric design guidelines (PDGJ 2021). In the existing bend that was reviewed, there were 25 bends and after the redesign it was reduced to 18 bends so that it was directly proportional to the length of the road which also decreased. Keywords: Road Geometric Evaluation, Redesign, Tawaeli - Toboli Section

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up