JudulPENGARUH KOMPOSISI KENDARAAN BERAT TERHADAP UMUR SISA PERKERASAN JALAN DENGAN METODE MEKANISTIK EMPIRIK MENGGUNAKAN PROGRAM KENPAVE-KENLAYER (STUDI KASUS RUAS JALAN YOS SUDARSO) |
Nama: MARWAH NABILA FAHSYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Kualitas dan umur pelayanan jalan sangat mempengaruhi efisiensi, keamanan, dan kenyamanan perjalanan. Studi kasus pada penelitian ini ialah Jalan Yos Sudarso Kota Palu yang merupakan jalan nasional yang perlu dilakukan evaluasi dikarenakan ada kerusakan secara visual dan evaluasi dilakukan untuk memastikan kekuatan perkerasan jalan cukup menerima beban lalu lintas yang direncanakan selama umur rencana. Untuk mengevaluasi struktur perkerasan jalan digunakan pendekatan mekanistik-empirik dengan bantuan aplikasi Kenpave. Pendekatan ini didukung oleh parameter modulus elastisitas berdasarkan data lendutan yang diperoleh dari hasil pengujian Falling Weight Deflectometer (FWD) untuk lapis perkerasan aspal dan granular, serta pengujian California Bearing Ratio (CBR) untuk lapisan tanah dasar. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kinerja struktural perekerasan dan memprediksi sisa umur layan Jalan Yos Sudarso yang tergolong kategori lalu lintas sedang. Prediksi perkersan disimulasikan dengan penambahan komposisi lalu lintas sebesar 100%, 150?n 200?lam mencari sisa umur layan pada banyaknya kendaraan berat. Analisaa sisa umur layan terhadap kerusakan perkerasan retak lelah (fatigue cracking), retak alur (rutting), dan deformasi permanen (permanent deformation) yang berdampak pada sisa umur layan perkerasan jalan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa adanya penurunan sisa umur layan jalan selama periode umur rencana 10 tahun seiring dengan penambahan komposisi kendaraan yang dilakukan pada berat terhadap lalulintas harian rata-rata (LHR) dan penurunan sisa umur layanan paling banyak terjadi pada STA 0+875 arah utara – selatan yang di mana lendutan terbesar terjadi pada station tersebut. |