Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEvaluasi Geometrik Ruas Jalan Poros Palu - Palolo (Studi Kasus: KM 28 - KM 30)
Nama: AAN SETIAWAN
Tahun: 2025
Abstrak
EVALUASI GEOMETRIK RUAS JALAN POROS PALU – PALOLO (STUDI KASUS : KM 28 – KM 30) Aan Setiawan, Ratnasari Ramlan, Muflihatun Nurfadilah Efendi ABSTRAK Jalan Poros Palu – Palolo (Studi Kasus ; KM 28 – KM 30) merupakan jalan provinsi yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah dengan fungsi jalan lokal primer sebagai jalan penghubung dengan kabupaten sigi. Jalan ini memiliki beberapa tikungan yang mempunyai jari – jari yang kecil/kurang dan memiliki lengkung horizontal yang tidak sesuai dengan standar sehingga membuat pengendara tidak nyaman. Oleh karena itu penulis ingin mengevaluasi geometrik jalan khususnya pada alinemen horizontal dan alinemen vertikal dengan menggunakan pedoman terbaru yaitu Pedoman Desain Geometrik Jalan Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengambilan data geometrik jalan dan situasi jalan yang diperoleh dari hasil pengukuran di lapangan. Dari data yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan software Microsoft office Excel 2021, AutoCAD Civil 3D 2018. Hasil evaluasi pada alinyemen horizontal terdapat 26 tikungan yang mana 2 tikungan tidak memenuhi standar karena memiliki jari – jari yang kurang dari 7,50 m sesuai kecepatan yang direncanakan yaitu 20 km/jam. Sedangkan pada alinyemen vertikal terdapat 38 lengkung vertikal, diantaranya 20 lengkung vertikal cembung dan 18 lengkung vertikal cekung yang dimana ada 9 lengkung vertikal yang memiliki kelandaian lebih dari 10% sesuai dengan standar yang ditetapkan pada Pedoman Desain Geometrik Jalan (PDGJ) 2021. Kata Kunci : Geometrik Jalan, Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Ruas Jalan GEOMETRIC EVALUATION OF PALU – PALOLO AXLE ROAD SECTION (CASE STUDY : KM 28 – KM 30) Aan Setiawan, Ratnasari Ramlan, Muflihatun Nurfadilah Efendi ABSTRACK Palu - Palolo Main Road (Case Study; KM 28 - KM 30) is a provincial road located in Central Sulawesi Province with the function of a primary local road as a connecting road with Sigi Regency. This road has several bends that have small / less radii and have horizontal curves that do not meet standards, making drivers uncomfortable. Therefore, the author wants to evaluate the road geometry, especially the horizontal alignment and vertical alignment using the latest guidelines, namely the 2021 Road Geometric Design Guidelines. The research method used is to collect geometric road data and road situations obtained from field measurements. The data obtained is then processed with the help of Microsoft Office Excel 2021 software, AutoCAD Civil 3D 2018. Based on the evaluation results on the horizontal alignment, there are 26 bends, of which 2 bends do not meet the standards because they have small radii, namely less than 7.50 m according to the planned speed of 20 km / hour. Meanwhile, in the vertical alignment, there are 38 vertical curves, including 20 convex vertical curves and 18 concave vertical curves, of which 9 vertical curves have a gradient of more than 10?cording to the standards set in the 2021 Road Geometric Design Guidelines (PDGJ). Keywords : Road Geometric, Horizontal Alignment, Vertikal Alignment, Road Section

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up