Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEVALUASI GEOMETRIK JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN BUKIT SALENA, BULURI, KOTA PALU, DESA SALENA)
Nama: MOH. ALFANDI ASKARIA
Tahun: 2024
Abstrak
EVALUASI GEOMETRIK JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN BUKIT SALENA, BULURI, KOTA PALU, DESA SALENA) Moh. Alfandi Askaria, Ratnasari Ramlan, Ida Sri Oktaviana ABSTRAK Ruas Jalan Bukit Salena, Buluri, Kota Palu, Desa Salena merupakan jalan lingkungan yang menghubungkan Desa Salena dengan Puncak Bukitnya yang dimana merupakan suatu area pariwisata, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi, Perencanaan geometrik jalan menjadi salah satu persyaratan dari perencanaan jalan yang merupakan rancangan arah dan visualisasi dari trase jalan agar jalan memenuhi persyaratan selamat, aman, nyaman, efisien, efektif, ekonomis berkeselamatan dan berwawasan lingkungan. Tidak selalu persyaratan itu bisa terpenuhi karena adanya faktor-faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan antara lain keadaan lokasi, topografi, geologis, tata guna lahan dan lingkungan. Semua faktor ini bisa berpengaruh terhadap penetapan trase jalan karena akan mempengaruhi penetapan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal dan penampang melintang sebagai bentuk efisiensi dalam batas persyaratan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi geometrik lokasi penelitian yang didukung oleh data primer (berupa data topografi dan data LHR) dan data sekunder berupa data laka lantas. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai kelandaian melintang rata-rata sebesar 17,615%, sehingga ruas jalan tersebut dapat diklasifikasikan sebagai medan perbukitan. Selain itu, perancangan geometrik jalan pada lokasi penelitian tidak memenuhi standar peraturan jalan yang berlaku. Karena memiliki nilai kelandaian yang melebihi syarat perencanaan yaitu maksimal sebesar 8 % untuk jenis jalan sedang (JSD) dengan medan perbukitan. Terdapat beberapa lokasi yang menjadi perhatian khusus dimana pada lokasi tersebut terdapat nilai kelandaian yang melebihi syarat kelandaian secara terus menerus dan tikungan-tikungan tajam dengan rata-rata jenis tikungan Spiral-Spiral yaitu pada segmen 2 dan segmen 3 area penelitian. Kemudian untuk memenuhi syarat dilakukan penggeseran dan cut and fill, perbaikan nilai kelandaian dan kecepatan desain (VD). Kata Kunci : Geometrik, Kelandaian, Tikungan, Salena GEOMETRIC ROAD EVALUATION (A CASE STUDY: BUKIT SALENA ROAD SECTION, BULURI, PALU CITY, SALENA VILLAGE) Moh. Alfandi Askaria, Ratnasari Ramlan, Ida Sri Oktaviana ABSTRACT The Salena Hill Road, Buluri, Palu City, Salena Village section is an environmental road that connects Salena Village with Puncak Bukit which is a tourism area. It is not uncommon for traffic accidents to occur on this road section which results in loss of life and material. one of the requirements of road planning is the design of the direction and visualization of the road alignment so that the road meets the requirements for safe, secure, comfortable, efficient, effective, economical, safe and environmentally friendly. These requirements cannot always be met because there are factors that must be taken into consideration, including location conditions, topography, geology, land use and the environment. All of these factors can influence the determination of road alignment because they will influence the determination of horizontal alignments, vertical alignments and cross sections as a form of efficiency within the limits of applicable requirements. This research aims to evaluate the geometric conditions of the research location which is supported by primary data (in the form of topographic data and LHR data) and secondary data in the form of traffic accident data. From the research results, an average transverse slope value was obtained of 17.615%, so that this road section can be classified as hilly terrain. Apart from that, the geometric design of the road at the research location does not meet the applicable road regulation standards. Because it has a slope value that exceeds the planning requirements, namely a maximum of 8% for medium road types (JSD) with hilly terrain. There are several locations that are of particular concern where at these locations there are slope values that exceed the slope requirements continuously and sharp bends with an average Spiral-Spiral bend type, namely in segment 2 and segment 3 of the research area. Then, to fulfill the requirements, shifting and cut and fill are carried out, the slope value and design speed (VD) are improved. Keywords : Geometric, Slope, Bend, Salena

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up