JudulALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN PALU III MENGGUNAKAN STRUKTUR UTAMA GELAGAR KOMPOSIT BAJA-BETON |
Nama: NUR AULIA RAHMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Jembatan merupakan struktur bangunan yang menghubungkan wilayah satu dan wilayah lainnya akibat adanya jurang atau halangan seperti sungai, jalan, lembah yang dalam dan halangan lainnya. Jembatan Palu III terletak di Kota Palu. Jembatan ini menghubungkan Jalan Kimaja dan Jalan KH. Wahid Hasyim. Gempa yang melanda Kota Palu dan sekitarnya pada tahun 2018 silam mengakibatkan jembatan Palu III mendapatkan dampak yang cukup signifikan dan juga beban lalu lintas yang lebih besar akibat runtuhnya Jembatan Palu IV. Untuk itu, penulis merencanakan kembali struktur atas jembatan untuk mendapatkan desain alternatif dengan menggunakan struktur utama gelagar komposit baja-beton. Perencanaan ini bertujuan untuk mengetahui besar beban yang bekerja dan analisis perhitungan struktur atas jembatan, serta dimensi profil gelagar yang kuat dan aman. Adapun perencanaan struktur atas meliputi sandaran, trotoar, kerb, pelat lantai, gelagar, diafragma dan perletakan elastomer. Desain perencanaan pembebanan jembatan mengacu pada peraturan SNI 1725:2016 dan SNI 2833:2016. Untuk desain elemen jembatan mengacu pada peraturan RSNI T-03-2005, RSNI T-12-2004, SNI 1729-2020 dan Pedoman Perancangan Bantalan Elastomer untuk Perletakan Jembatan (10/SE/M/2015). Dari hasil analisis perhitungan didapatkan beban yang bekerja pada satu gelagar yaitu beban mati merata sebesar 19,741 kN/m, beban merata lalu lintas sebesar 11,025 kN/m, beban terpusat lalu lintas 96,040 kN, beban momen lalu lintas 24,862 kN.m dan beban aksi lingkungan 5,151 kN/m. Dimensi profil gelagar pelat berdinding penuh dengan tinggi badan 1800 mm, tebal badan 14 mm, lebar sayap 600 mm dan tebal sayap 40 mm dengan jarak antar gelagar 1400 mm. Diafragma menggunakan profil siku L 100.100.13. Pelat lantai kendaraan dengan tebal 250 mm menggunakan tulangan pokok D 16 - 150 mm dan tulangan bagi D 13 - 200 mm. Shear connector menggunakan stud dengan diameter 19 mm dengan jumlah 272 buah untuk satu gelagar. Perletakan jembatan menggunakan bantalan karet elastomer panjang 400 mm, lebar 600 mm dan tebal 121 mm. |